PENGENDALIAN ULAT API (Setothosea asigna) DENGAN MENGGUNAKAN INSEKTISIDA NABATI SERAI WANGI (Cymbopogon nardus L) PADA TANAMAN KELAPA SAWIT (Elaeis guineensi Jacq.)

Detail Cantuman

Text

PENGENDALIAN ULAT API (Setothosea asigna) DENGAN MENGGUNAKAN INSEKTISIDA NABATI SERAI WANGI (Cymbopogon nardus L) PADA TANAMAN KELAPA SAWIT (Elaeis guineensi Jacq.)

XML

Gangguan hama dan penyakit pada tanaman kelapa sawit merupakan masalah penting diperkebunan kelapa sawit, keberadaannya dapat menimbulkan kerusakan tanaman. Salah satu jenis hama yang mengganggu tanaman kelapa sawit adalah hama ulat api (Setothosea asigna). Serangan dari hama Ulat Pemakan Daun Kelapa Sawit (UPDKS) atau ulat api mengakibatkan kelapa sawit kehilangan daun dan akhirnya secara berkesinambungan akan menurunkan produksi kelapa sawit tersebut. Penelitian ini dilakukan diareal kebun percobaan Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Agrobisnis Perkebunan (STIPAP) Medan. Penelitian dilakukan pada bulan Juni sampai dengan Juli 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas ekstrak serai wangi (Cymbopogon Nardus L) dalam pengendalian hama ulat api (Setothosea asigna). Metode yang di gunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) Non Faktorial, yang terdiri dari 4 taraf perlakuan menggunakan ekstrak serai wangi dengan beberapa konsentrasi yaitu E0 (kontrol), E1 (250 gr), E2 (500 gr) dan E3 (750 gr) dengan 6 ulangan. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa perlakuan ekstrak serai wangi (C. nardus) efektif mengendalikan hama ulat api dengan mortalitas sampai hari ke 4 setelah aplikasi mencapai 100% pada semua perlakuan kecuali E0 kontrol (0 %).


Detail Information

Item Type
Bachelor's Thesis
Penulis
YOEL VIVENTINUS LAHAGU - Personal Name
Student ID
1601086
Dosen Pembimbing
Ir. Nuraida M.P. - - Dosen Pembimbing 1
Hari Gunawan, S.ST., M.Agr - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Published
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Institut Teknologi Sawit Indonesia : Institut Teknologi Sawit Indon.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
2020 YOE P
Copyright
Institut Teknologi Sawit Indonesia
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail