EFEKTIFITAS INSEKTISIDA NABATI BIJI BUAH MAHKOTA DEWA (Phaleria macrocarpa) TERHADAP MORTALITAS ULAT API (Setothosea asigna) PADA PEMBIBITAN KELAPA SAWIT (Elaeis guineenssis Jacq)

Detail Cantuman

Text

EFEKTIFITAS INSEKTISIDA NABATI BIJI BUAH MAHKOTA DEWA (Phaleria macrocarpa) TERHADAP MORTALITAS ULAT API (Setothosea asigna) PADA PEMBIBITAN KELAPA SAWIT (Elaeis guineenssis Jacq)

XML

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsenterasi ekstrak biji buah mahkota dewa (Phaleria macrocarpa) terhadap mortalitas, intensitas serangan dan kecepatan kematian hama ulat api (Setothosea asigna) pada pembibitan main nursery kelapa sawit (Elaeis guineenssis Jacq). Saponin adalah racun yang dapat menghancurkan butir darah atau hemolysis pada darah. Dingin dan banyak diantaranya digunakan untuk racun ikan. Penelitian dilaksanakan kebun Praktek Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Agrobisnis Perkebunan (STIPAP) medan. Waktu penelitian selama Februari sampai Juni 2020. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok non factorial dengan ekstrak biji buah mahkota dewa sebagai insektisida nabati dengan taraf E0 (0%), E1(3%), E2(6%), dan E3(9%) jumlah ulangan sebanyak 5 kali, total sampel 20, jumlah ulat api per bibit 5 ulat api, jumlah ulat api seluruhnya 100 ulat api. Parameter yang digunakan dalam penelitian ini adalah Mortalitas, intensitas serangan, dan kecepatan kematian ulat api (Setothosea asigna). Pengujian parameter disusun pada tabel sidik ragam dan dilakukan uji DMRT (Duncan’s Multiple Range Test) pada taraf 5%. Perlakuan ekstrak biji buah mahkota dewa dengan konsentrasi 9 % mampu menyebabkan mortalitas ulat api sebesar 88 % pada hari ke tiga setelah aplikasi dan mampu menekan intensitas serangan hama ulat api Setothosea asigna sebesar 42,34 % pada kecepatan kematian ulat api Setothosea asigna 2,2 hari setelah aplikasi.


Detail Information

Item Type
Bachelor's Thesis
Penulis
SURYA AKBAR P.Y - Personal Name
Student ID
1601081
Dosen Pembimbing
M. Yusuf Dibisono, SP., MP - - Dosen Pembimbing 1
Eka Bobby Febrianto, S.P., M.Si - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Published
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Institut Teknologi Sawit Indonesia : Institut Teknologi Sawit Indon.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
2020 SUR E
Copyright
Institut Teknologi Sawit Indonesia
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail