KAJIAN PERBANDINGAN FREKUENSI SADAP KARET D/3 DAN D/4 PADA KLON PB 260 DAN KLON PB 340 STUDI KASUS DI KEBUN GUNUNG PARA PTP. NUSANTARA III (PERSERO)

Detail Cantuman

Text

KAJIAN PERBANDINGAN FREKUENSI SADAP KARET D/3 DAN D/4 PADA KLON PB 260 DAN KLON PB 340 STUDI KASUS DI KEBUN GUNUNG PARA PTP. NUSANTARA III (PERSERO)

XML

Fluktuasi harga karet sering kali terjadi di bisnis perkebunan karet. Kondisi tersebut menjadi masalah apabila harga karet pada posisi rendah namun tidak diimbangi dengan kenaikan produksi dan penurunan biaya produksi. Sementara itu, biaya produksi terus meningkat. Agar produksi semakin meningkat dan berkembang maka perlu diadakan peningkatan produktivitas tanaman. Faktor yang dinilai penting untuk meningkatkan produktivitas tanamn karet adalah dengan sistem eksploitasi
Penelitian dilaksanakan di PT. Perkebunan Nusantara III (Persero) Kebun Gunung Para. Waktu penelitian selama 6 bulan (Maret–Juni 2020). Penelitian menggunakan Metode analisa deskriptif yaitu dengan pengumpulan data sekunder Kebun Gunung Para PT. Perkebunan Nusantara III (Persero). Dengan beberapa parameter : Produksi Kg Karet Kering, Produktivitas (Kg/Ha/Tahun), Prestasi harian penyadap, Jumlah HKO penderes, Mand to land ratio dan gram karet kering.
Hasil perubahan frekuensi sadap dari D/3 menjadi D/4 menunjukkan bahwa jumlah produksi karet kering selama semester I dan II mengalami penurunan sebesar 26% pada PB 260 dan 18% pada PB 340, tetapi lebih efesien dalam penggunaan jumlah tenaga dan jumlah hari sadap. Hasil produksi perpohon sadap yang lebih tinggi tetapi tidak pada produksi per hektar.


Detail Information

Item Type
Bachelor's Thesis
Penulis
REZA PERDANA - Personal Name
Student ID
1601077
Dosen Pembimbing
Eka Bobby Febrianto, S.P., M.Si - - Dosen Pembimbing 1
Sri Murti Tarigan, S.P., M.P - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Published
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Institut Teknologi Sawit Indonesia : Institut Teknologi Sawit Indon.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
2020 REZ K
Copyright
Institut Teknologi Sawit Indonesia
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail