IDENTIFIKASI GULMA PADA AREAL KEBUN KELAPA SAWIT DI AREAL TERGENANG DI DESA TANJUNG REJO KEC. PERCUT SEI TUAN

Detail Cantuman

Text

IDENTIFIKASI GULMA PADA AREAL KEBUN KELAPA SAWIT DI AREAL TERGENANG DI DESA TANJUNG REJO KEC. PERCUT SEI TUAN

XML

Gulma adalah tumbuhan yang mudah tumbuh pada setiap tempat yang berbeda-beda, mulai dari tempat yang miskin nutrisi sampai yang kaya nutrisi. Sifat inilah yang membedakan gulma dengan tanaman yang dibudidayakan. Lahan tergenang memiliki potensi untuk pengembangan kelapa sawit baik didasarkan pada karakteristik lahan maupun luasannya, namun demikian masalah utama yang dihadapi adalah kondisi drainase yang terhambat – tergenang.
Penelitian ini dilakukan dikebun rakyat di Desa Tanjung Rejo Kec. Percut Sei Tuan dengan menggunakan metode deskriptif dengan teknik survey dan plot contoh menggunakan petak kuadrat (1m x 1m) di letakan secara teknik purposive sampling dengan total 12 plot, dan dilakukan dengan pengamatan langsung pada plot-plot sample yang telah ditetapkan.
Penelitian dilaksanakan pada bulan oktober – November 2019 untuk mengetahui jenis gulma yang terdapat dilahan tergenang dan gulma dominan di kebun kelapa sawit milik masyarakat.
Metode yang digunakan adalah metode analisis vegetasi tumbuhan bawah menggunakan teknik purposive sampling.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil vegetasi gulma di areal tergenang perkebunan kelapa sawit terdapat 13 jenis gulma dengan 8 gulma berdaun lebar, 3 jenis gulma berdaun sempit, 1 jenis gulma teki-tekian dan 1 jenis gulma pakis-pakisan. Dari 13 jenis gulma tersebut terdapat gulma yang dominan yaitu Leersia hexandra SW gulma yang berdaun sempit, dan gulma resesif terdapat pada gulma berdaun lebar yaitu Ludwiga octavalvis. Ini dipengaruhi oleh faktor jenis tanah, kondisi lahan, kemasaman dan kesuburan tanahnya. Jenis gulma yang berdaun lebar lebih memungkinkan bertahan sdan berkembang di areal tergenang , sehingga gulma yang berdaun sempit lebih mendominasi.


Detail Information

Item Type
Bachelor's Thesis
Penulis
AIDUL ANANDA TAMBUNAN - Personal Name
Student ID
1501045
Dosen Pembimbing
Hari Gunawan, S.ST., M.Agr - - Dosen Pembimbing 1
Habib Prayitno, S.,Psi., M.PSi - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Published
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Institut Teknologi Sawit Indonesia : Institut Teknologi Sawit Indon.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
2019 AID I
Copyright
Institut Teknologi Sawit Indonesia
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail