EFEKTIVITAS PEMANFAATAN PELEPAH KELAPA SAWIT (Elaeis guneensis Jacq.) SEBAGAI MEDIA TANAM JAMUR TIRAM PUTIH (Pleurotus ostreatus)

Detail Cantuman

Text

EFEKTIVITAS PEMANFAATAN PELEPAH KELAPA SAWIT (Elaeis guneensis Jacq.) SEBAGAI MEDIA TANAM JAMUR TIRAM PUTIH (Pleurotus ostreatus)

XML

MUHAMMAD DAFFA, EFEKTIVITAS PEMANFAATAN PELEPAH KELAPA SAWIT (Elaeis guneensis Jacq.) SEBAGAI MEDIA TANAM JAMUR TIRAM PUTIH (Pleurotus ostreatus). Tugas Akhir Mahasiswa Program Studi Budidaya Perkebunan dibimbing oleh Sulthon Parinduri, SP., M.Si dan Saroha Manurung, SST., MP.
Setiap tahun limbah pelepah kelapa sawit yang menunjukkan peningkatan yang signifikan dikarenakan kegiatan panen yang apabila dibiarkan melapuk begitu saja di dalam kebun kelapa sawit akan mengundang perkembangan hama yang dapat menggaggu pertumbuhan tanaman kelapa sawit. Berdasarkan hal ini diperlukan pengamatan dalam pemanfaatan limbah kelapa sawit yang digunakan sebagai bahan media tanam jamur tiram putih.
Penelitian ini dilaksanakan di Rumah Produksi Jamur Tiram Si Man Medan pada bulan Maret sampai Juni 2021. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) non faktorial dengan 5 taraf perlakuan dan 4 ulangan. Hasil pengamatan diolah menggunakan Analysis of Variance (ANOVA) dan dilanjutkan dengan uji beda nyata DMRT dengan taraf 5%.
Hasil penelitian menunjukkan taraf perlakuan yang memiliki waktu panen terendah terdapat pada taraf perlakuan J0 (0% serbuk pelepah kelapa sawit + 100% serbuk gergaji) yaitu 54,75 HSI. Taraf perlakuan yang memiliki bobot segar tertinggi terdapat pada taraf perlakuan J0 (0% serbuk pelepah kelapa sawit + 100% serbuk gergaji) yaitu 94,83 g. Taraf perlakuan yang memiliki jumlah tudung tertinggi terdapat pada taraf perlakuan J3 (75% serbuk pelepah kelapa sawit + 25% serbuk gergaji) yaitu 11,33 buah. Taraf perlakuan yang memiliki diameter tudung tertinggi terdapat pada taraf perlakuan J0 (0% serbuk pelepah kelapa sawit + 100% serbuk gergaji).


Detail Information

Item Type
Bachelor's Thesis
Penulis
MUHAMMAD DAFFA - Personal Name
Student ID
1701186
Dosen Pembimbing
Sulthon Parinduri, SP., M.Si - - Dosen Pembimbing 1
Saroha Manurung, S.ST., MP - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Published
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Institut Teknologi Sawit Indonesia : Medan.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
2021 Muh E
Copyright
Institut Teknologi Sawit Indonesia
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail