IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN MAINTENANCE BERBASIS WEB PADA PABRIK KELAPA SAWIT (PKS) GEDONG BIARA PT.MOPOLI RAYA

Detail Cantuman

Text

IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN MAINTENANCE BERBASIS WEB PADA PABRIK KELAPA SAWIT (PKS) GEDONG BIARA PT.MOPOLI RAYA

XML

Pabrik Kelapa Sawit Gedong Biara memiliki permasalahan dalam mengakses, menyimpan, menemukan ataupun penyampaian informasi dokumen maintenance. Hal ini menyebabkan keterlambatan tindakan perawatan mesin dikarenakan kurangnya informasi dan tidak adanya sistem peringatan yang mendukung manajemen perawatan. Itu semua menyebabkan keterlambatan perawatan yang berakibat pada menurunnya umur mesin. Selain itu, Pabrik kelapa sawit mempunyai beragam Dokumen dan data-data yang masih disajikan secara manual membuat pengguna menghadapi kesulitan dalam menemukan informasi yang dibutuhkan.
Tujuan dari tugas akhir ini adalah untuk merancang dan mengimplementasikan sistem informasi manajemen maintenance pada pabrik kelapa sawit. Model sistem ini nantinya dapat memberikan informasi perawatan peralatan / mesin yang real time dan sistem peringatan jadwal perawatan.
Tahap awal yang harus dilakukan adalah melakukan survey system, tahap awal ini bertujuan untuk mengetahui mekanisme aktual dari sistem perawatan mesin pada pks Gedong Biara, Survei dilakukan melalui wawancara dan diskusi dengan pihak terkait. Tahapan yang ke dua adalah mempelajari system yang sedang berjalan, menentukan parameter-parameter dan pengumpulan data informasi perawatan serta data penting lainya yg di butuhkan dalam perancangan system informasi manajemen maintenance. Tahap ke tiga adalah perancangan dan pemodelan system informasi manajemen maintenance menggunakan system database, dan tahapan yang ke empat adalah pengujian dan evaluasi dari system informasi manajemen maintenance yang sudah di buat.
Berdasarkan hasil perancangan sistem dan uji validasi serta verifikasi program yang dirancang, didapatkan terjadi perubahan efektifitas dalam hal alur penyampaian informasi perawatan, sistem penyimpanan informasi perawatan, dan kemudahan akses dalam mendapatkan informasi perawatan. Sistem yang dirancang dapat memperbaiki sistem manual yang diterapkan. Sistem informasi manajemen perawatan peralatan / mesin dapat memenuhi semua kebutuhan yang dibutuhkan oleh pengambil keputusan dan karyawan. Adapun nama aplikasi dari tugas akhir ini adalah siMaMan.


Detail Information

Item Type
Bachelor's Thesis
Penulis
Rahmad Ardiansyah - Personal Name
Student ID
1602093
Dosen Pembimbing
Arnold PG Lbn Gaol, ST., MT - - Dosen Pembimbing 1
Zakwan, STP., M.P., M.Si. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Published
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Institut Teknologi Sawit Indonesia : Institut Teknologi Sawit Indon.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
2020 RAH I
Copyright
Institut Teknologi Sawit Indonesia
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail