KAJIAN SISTEM MANAJEMEN MUTU DALAM PENCAPAIAN RENDEMEN CPO (STUDI KASUS PADA PT. BAKRIE SUMATERA PLANTATION TBK KISARAN PALM OIL MILL)

Detail Cantuman

Text

KAJIAN SISTEM MANAJEMEN MUTU DALAM PENCAPAIAN RENDEMEN CPO (STUDI KASUS PADA PT. BAKRIE SUMATERA PLANTATION TBK KISARAN PALM OIL MILL)

XML

Nilai ekonomis yang paling tinggi dari tandan buah sawit (TBS) adalah minyak kelapa sawit (Crude Palm Oil/CPO). Minyak kepala sawit diperoleh dengan cara melakukan ekstraksi TBS pada Palm Oil Mill (POM). Indikator banyaknya CPO dapat diambil dari TBS disebut rendemen (Oil Extraction Rate/OER). Yaitu persentase perbandingan jumlah produksi CPO terhadap jumlah TBS yang diolah. Persentase rendemen minyak diharapkan setinggi mungkin. Rendemen optimal dapat dicapai dengan upaya mengelola dengan baik faktor-faktor yang mempengaruhi rendemen minyak tersebut. Faktor-faktor itu adalah : varitas tanaman, pemeliharaan tanaman, umur tanaman, kematangan TBS, pola panen, pengutipan brondolan, sortasi dan pengendalian losis minyak di POM. Upaya-upaya yang baik dan tepat adalah dengan menerapkan sistem manajemen mutu PDCA : perencanaan (Plan/P), pelaksanaan (Do/D), pengawasan (Check/C) dan tindak lanjut (Action/A) untuk menggunakan setiap aktifitas yang berdampak kepada kinerja rendemen.
PT. Bakrie Sumatera Plantation berupaya mencapai OER yang optimal dengan mengelola faktor-faktor yang mempengaruhi pencapaian rendemen itu dengan menerapkan dan mendapat sertifikat Sistem Mutu ISO 9001:2015. Sebagai pedoman dan bukti telah diterapkannya PDCA dengan baik dan konsisten


Detail Information

Item Type
Bachelor's Thesis
Penulis
MHD SIDDIQ DONGORAN - Personal Name
Student ID
1602092
Dosen Pembimbing
Tuty Ningsih, S.P., M.P - - Dosen Pembimbing 1
Ishman L Sibuea ST., MT - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Published
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Institut Teknologi Nasional Bandung : Institut Teknologi Sawit Indon.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
2020 MHD K
Copyright
Institut Teknologi Sawit Indonesia
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail