PENGARUH KOMPOSISI LIMBAH PABRIK KELAPA SAWIT (ABU BOILER DAN SOLID DECANTER) TERHADAP KADAR N, P, K UNTUK PEMBUATAN PUPUK ORGANIK

Detail Cantuman

Text

PENGARUH KOMPOSISI LIMBAH PABRIK KELAPA SAWIT (ABU BOILER DAN SOLID DECANTER) TERHADAP KADAR N, P, K UNTUK PEMBUATAN PUPUK ORGANIK

XML

REZA FACHLEVI PENGARUH KOMPOSISI LIMBAH PABRIK KELAPA SAWIT (ABU BOILER DAN SOLID DECANTER) TERHADAP KADAR N,P,K UNTUK PEMBUATAN PUPUK ORGANIK. Tugas Akhir Mahasiswa STIPAP Program Studi Teknologi Pengolahan Hasil Perkebunan di bimbing oleh Pada Mulia Raja, S.Pd., M.Si dan Zakwan,STP.,MP.,M.Si.

Pupuk organik adalah pupuk yang sebagian besar atau seluruhnya terdiri atas bahan organik yang berasal dari tanaman dan atau hewan yang telah melalui proses rekayasa, dapat berbentuk padat atau cair yang digunakan mensuplai bahan organik untuk memperbaiki sifat fisik, kimia, dan biologi tanah. Defenisi tersebut menunjukkan bahwa pupuk organik lenih ditujukan kepada kandungan C-organik atau bahan organik daripada kadar haranya itulah yang menjadi pembeda dengan pupuk anorganik.

Tujuan penelitian dilaksanakan untuk mengetahui cara mengaplikasikan luimbah PKS (abu boiler dan solid decanter) menjadi pupuk organic dan juga untuk mengetahui pengaruh komposisi loimbah PKS (abu boiler dan solid decanter) terhadap kadar nitrogen,posfor, dan kalium.

Penelitian ini dilaksanakan di laboratorium Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) – Medan. Waktu Penelitian selama 4 bulan, dari bulan April – Juli 2021. Penelitian ini dilakukan dengan metoder Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan perlakuan perbedaan persentase sample, yaitu Sample 1 (P1), Sample 2 (P2), dan Sample 3 (P3). Masing-masing sample menggunakan 3 unit pengulangan. Jenis Pengamatan yang dilakukan adalah pengujian kadar unsur hara N,P,K. Data yang di peroleh di analisis dengan analisis sidik ragam, dan jika perlakuan memberikan perlakuan berbeda nyata atau sangat nyata maka dilakukan uji lanjut dengan uji Duncan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan bahan limbah pabrik kelapa sawit termasuk abu boiler dan solid decanter mempunyai nilai kandungan unsur hara sebesar nitrogen 0,78 posfor 1,89 dan kalium 1,70.

Harapan untuk penelitian ini selanjutnya dapat mengembangkan pupuk organik. yang dibuat dengan produk limbah PKS.


Detail Information

Item Type
Bachelor's Thesis
Penulis
REZA FACHLEVI - Personal Name
Student ID
1702029
Dosen Pembimbing
Pada Mulia Raja, S.Pd., M.Si - - Dosen Pembimbing 1
Zakwan, S.TP., M.P., M.Si - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Published
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Institut Teknologi Sawit Indonesia : Medan.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
2021 Rez P
Copyright
Institut Teknologi Sawit Indonesia
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail