SUBSTITUSI LEMAK CACAO DENGAN MENGGUNAKAN LEMAK INTI KELAPA SAWIT SEBAGAI PRODUK COKLAT PANDAN

Detail Cantuman

Text

SUBSTITUSI LEMAK CACAO DENGAN MENGGUNAKAN LEMAK INTI KELAPA SAWIT SEBAGAI PRODUK COKLAT PANDAN

XML

PAUL CHRISTOPER YULIANUS SIBURIAN, SUBSTITUSI LEMAK CACAO DENGAN MENGGUNAKAN LEMAK INTI KELAPA SAWIT SEBAGAI PRODUK COKLAT PANDAN”, Tugas Akhir Mahasiswa STIPAP Program Studi Teknologi Pengolahan Hasil Perkebunan dibimbing oleh Ir.Busrizal Faisal,MT sebagai pembimbing I dan Siti Aisyah,ST.,M.Si Sebagai pembimbing II.

Kandungan lemak pada cokelat bervariasi dari 28% sampai 35% tergantung penggunaannya. Cocoa butter diperoleh dari biji kakao atau lemak khusus yang diperoleh dari minyak nabati atau lemak merupakan sumber yang biasanya untuk pembuatan cokelat. Lemak khusus antara lain Cocoa Butter Equivalent (CBE),Cocoa Butter Substitute (CBS), lemak coating dan lemak Toffe. Minyak kelapa sawit dan minyak inti sawit merupakan bahan baku yang ideal untuk produksi lemak khusus karena fisika kimia yang sangat baik. Mereka dapat dimodifikasi untukmemperluas pemanfaatannya. CBE adalah lemak khusu yang mengandung Trigliserida simetris tak jenuh mirip dengan Cocoa Butter.
Penelitian dilakukan di Laboratorium Teknologi Pengolahan Hasil Perkebunan (TPHP) STIP-AP MEDAN waktu penelitian dilakukan pada bulan Maret – Juni. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif dengan cara mengamati, merangkum, dan mencatat langsung data yang dihasilkan. Penelitian ini menggunakan variabel bebas dan variabel tetap yaitu dengan rancangan acak lengkap (RAL) dengan taraf 3 perlakuan dan dua kali pengulangan sehingga terdapat enam sampel yang dilakukan pengujian.

Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa formulasi yang baik pada pembuatan coklat pandan menggunakan minyak inti sawit dengan penambahan cacao,gula serta perisa pandan didapatkan komposisi terbaik dari tiga perlakuan adalah pada komposisi CBS 400gr, Cacao 300gr, dan Gula 300gr, yang paling disukai pada skala pengujian coklat pandan tersebut.


Detail Information

Item Type
Bachelor's Thesis
Penulis
Student ID
1702068
Dosen Pembimbing
Ir. Busrizal Faisal, MT - - Dosen Pembimbing 1
Siti Aisyah, ST., M.Si - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Published
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Institut Teknologi Sawit Indonesia : Medan.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
2021 Pau S
Copyright
Institut Teknologi Sawit Indonesia
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail