PENGENDALIAN GULMA TEKI LADANG (Cyperus rotundus) MENGGUNAKAN HERBISIDA CAMPURAN

Detail Cantuman

Text

PENGENDALIAN GULMA TEKI LADANG (Cyperus rotundus) MENGGUNAKAN HERBISIDA CAMPURAN

XML

MUHAMMAD ERIK GUNAWAN, PENGENDALIAN GULMA TEKI LADANG (Cyperus rotundus) MENGGUNAKAN HERBISIDA CAMPURAN. Tugas Akhir Mahasiswa STIPAP Medan Program Studi Budidaya Perkebunan Dibimbing oleh bapak Arief Setiawan Sutanto, S.P., M.Si. dan Priyo Adi Nugroho, S.P., M.Si.
Herbisida campuran merupakan pemberian nama dari suatu campuran lima bahan yaitu air kelapa, garam, urea, ragi, dan deterjen. Berdasarkan hasil uji awal yang dilakukan, herbisida campuran memiliki potensi untuk dijadikan sebagai herbisida alternatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui laju kematian gulma teki ladang dan pengaruh herbisida campuran terhadap pengendalian dan tingkat kematian gulma Cyperus rotundus di perkebunan kelapa sawit.
Penelitian ini dilakukan pada areal perkebunan kelapa sawit kampus Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Agrobisnis Perkebunan (STIPAP) Medan. Waktu penelitian dilakukan pada bulan Februari sampai dengan Mei 2021. Penelitian menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) non faktorial, yang terdiri dari 4 taraf perlakuan H0 (0 cc herbisida campuran/liter air), H1 (30 cc herbisida campuran/liter air), H2 (60 cc herbisida campuran/liter air), H3 (90 cc herbisida campuran/liter air) dan ulangan sebanyak 6 kali. Data yang diperoleh diuji dengan menggunakan ANOVA, jika berbeda nyata akan diuji lanjut dengan dilakukan uji Beda Nyata Terkecil (BNT) dengan taraf 5%.
Berdasarkan hasil pengamatan yang telah diuji, perlakuan H3 dengan konsentrasi 8,2% (90 cc/liter) mampu menekan pertumbuhan gulma teki dilihat dari parameter tingkat kematian gulma sebesar 100%. Konsentrasi tersebut efektif diaplikasikan untuk mengendalikan gulma teki.


Detail Information

Item Type
Bachelor's Thesis
Penulis
MUHAMMAD ERIK GUNAWAN - Personal Name
Student ID
1701188
Dosen Pembimbing
Arief Setiawan Sutanto, S.P., M.Si - - Dosen Pembimbing 1
Priyo Adi Nugroho, S.P., M.Si - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Published
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Institut Teknologi Sawit Indonesia : Medan.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
2021 Muh P
Copyright
Institut Teknologi Sawit Indonesia
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail