Text
PENGARUH VARIASI KOMPOSISI BAHAN PARTIKEL TERHADAP KARAKTERISTIK KOMPOSIT SEBAGAI POLIESTER KAMPAS REM ALTERNATIF SEPEDA MOTOR
XMLMARLIN TUA MANALU : PENGARUH VARIASI KOMPOSISI BAHAN PARTIKE TERHADAP KARAKTERISTIK KOMPOSIT SEBAGAI POLIESTER KAMPAS REM ALTERNATIF SEPEDA MOTOR” …, Tugas Akhir Mahasiswa STIPAP Program Studi Teknologi Pengolahan Hasil Perkebnan dibimbing oleh bapak Pada Mulia Raja,S.PD.,M.Si dan Giyanto SPT.,M.T
Kampas rem merupakan salah satu komponen sepeda motor yang berfungsi untuk memperlambat atau menghentikan laju sepeda motor.Sistem pengereman yang baik harus dapat menunjang daya dan kecepatan pada kendaraan tersebut dimana bagian terpenting dari sistem pengereman adalah kampas rem, yaitu media yang bekerja untuk memperlambat atau mengurangi laju kendaraan. Untuk mendapatkan pengereman yang maksimal maka dibutuhkan kampas rem dengan kemampuan pengereman yang baik dan efisien.
Penelitian ini dibuat dari variasi bahan serat komposit cangkang sawit dangan serbuk kuningan, magnesium oksida, resin polyester dan katalis. Adapun komposisi bahan pada setiap sampel sebagai berikut: Sampel pertama mengunakan cangkang kelapa sawit sebanyak 6 gram, 7 gram serbuk kuningan, 7 gram magnesium oksida, resin polyester 30 ml dan katalis 4 tetes, Sampel kedua mengunakan cangkang kelapa sawit sebanyak 7 gram, 7 gram serbuk kuningan, 6 gram magnesium oksida, resin polyester
30 ml dan katalis 4 tetes, Sampel pertama mengunakan cangkang kelapa sawit sebanyak 10 gram, 4 gram serbuk kuningan, 6 gram magnesium oksida, resin polyester 30 ml dan katalis 4 tetes,
Tujuan daripenelitian ini untuk mengetahui nilai kekerasan dan kehausan pada kampas rem. Bahan yang di gunakan dalam penelitian ini adalah cangkang kelapa sawit, serbuk kuningan, magnesium okside, resin polyester dan katalis sesuai SNI dan SAE.
Alat yang di gunakan untuk mengetahui nilai kekerasan (Makro Vickers) dan nilai keausan (Pin On Disk) penujian dilakukan di Laboratorium Uji Material Politeknik Kimia Industri (PTKI) Medan yang dilaksanakan pada bulan juni sampai juli 2021
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa cangkang sawit sangat berpotensi untuk di buat sebagai bahan alternatif kampas rem sepeda motor. Setelah melalui proses pengujian di ketahuin nilai kekerasan rata-rata yang terdapat pada sampel kedua dengan nilai kekerasan rata-rata adalah 172,58 HVN. Sedangakan nilai keausan rata- rata tertinggi adalah dari sampel pertama dengan nilai keausan 0,00088 N/????????2
Detail Information
Item Type |
Bachelor's Thesis
|
---|---|
Penulis |
MARLIN TUA MANALU - Personal Name
|
Student ID |
1702093
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI | |
Edisi |
Published
|
Departement | |
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Institut Teknologi Sawit Indonesia : Medan., 2021 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
2021 Mar P
|
Copyright |
Institut Teknologi Sawit Indonesia
|
Doi |