ANALISA KEANDALAN ALAT DAN MESIN DI PABRIK KELAPA SAWIT KAPASITAS 45 TON MENGGUNAKAN METODE FAILURE MODES AND EFFECT ANALYSIS (FMEA)

Detail Cantuman

Text

ANALISA KEANDALAN ALAT DAN MESIN DI PABRIK KELAPA SAWIT KAPASITAS 45 TON MENGGUNAKAN METODE FAILURE MODES AND EFFECT ANALYSIS (FMEA)

XML

Pabrik Kelapa Sawit (PKS) mengolah Tandan Buah Segar (TBS) menjadi minyak sawit dan inti sawit. Pengolahan minyak sawit adalah untuk memperoleh minyak sawit yang berasal dari daging buah (mesocarp) sedangkan pengolahan inti sawit adalah untuk memperoleh inti yang berasal dari biji (nut). Dalam usaha untuk mempertahankan mutu dan meningkatkan produktivitas, pabrik harus mempunyai jam olah sesuai standart operasional produksi yaitu 20 jam/ hari. Salah satu faktor yang harus diperhatikan adalah kesiapan mesin untuk mengolah. Penelitian ini membahas tentang sering terjadinya kerusakan alat dan mesin yang menyebabkan terganggunya operasional Pabrik Kelapa Sawit. Menganalisa suatu unit untuk mengetahui bagian yang mengalami kerusakan dan jenis kerusakannya. Data-data kerusakan masing-masing stasiun diolah dengan diagram pareto dan ditemukan bahwa yang sering mengalami keusakan yaitu Stasiun Kernel. Selain itu penelitian ini juga menganalisa jenis kerusakan dan resiko kritis dari unit tersebut menggunakan metode Failure Modes and Effect Analysis (FMEA). dengan menggunakan data kerusakan selama satu tahun. Sehingga nantinya akan diketahui nilai Risk Priority Number (RPN) yang tertinggi yang menjadi prioritas utama saat melakukan maintenance. Hasil penelitian ditemukan pada Stasiun Kernel yang sering mengalami kerusakan dengan lama Jam Perbaikan 182,50 jam dalam kurun waktu satu tahun. Jenis kerusakan dengan lama Jam Perbaikan tertinggi adalah Bearing Pecah dengan waktu 37,08 jam. Nilai Risk Priority Number (RPN) tertinggi adalah Bearing pecah dengan nilai 648. Daftar resiko kritis dari metode Failure Modes and Effect Analysis (FMEA) ditemukan yang menjadi prioritas dalam maintenance yaitu Bearing pecah.


Detail Information

Item Type
Bachelor's Thesis
Penulis
RAHMAT PUTRA WARUWU - Personal Name
Student ID
1602063
Dosen Pembimbing
Arnold PG Lbn Gaol, ST., MT - - Dosen Pembimbing 1
Zakwan, STP., M.P., M.Si. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Published
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Institut Teknologi Sawit Indonesia : Institut Teknologi Sawit Indon.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
2020 RAH A
Copyright
Institut Teknologi Sawit Indonesia
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail