UJI POTENSI PELEPAH KELAPA SAWIT DAN LIMBAH DAPUR SEBAGAI MEDIA PEMBIAKAN MAGGOT BLACK SOLDIER FLY (Hermetia illucens)

Detail Cantuman

Text

UJI POTENSI PELEPAH KELAPA SAWIT DAN LIMBAH DAPUR SEBAGAI MEDIA PEMBIAKAN MAGGOT BLACK SOLDIER FLY (Hermetia illucens)

XML

UJI POTENSI PELEPAH KELAPA SAWIT DAN LIMBAH DAPUR SEBAGAI MEDIA PEMBIAKAN MAGGOT BLACK SOLDIER FLY (Hermatia illucens). Tugas Akhir Mahasiswa STIPAP Program Studi Budidaya Perkebunan dibimbing oleh Sri Murti Tarigan, S.P.,M.P. dan Sakiah, S.P.,M.P.
Uji potensi pelepah kelapa sawit dan limbah dapur sebagai media permbiakan maggot black soldier fly (Hermatia illucens) bertujuan untuk mengetahui potensi dari pelepah kelapa sawit dan limbah dapur. Pelepah kelapa sawit merupakan salah satu limbah kelapa sawit yang kurang dimanfaatkan dan limbah dapur merupakan limbah hasil olahan dapur yang terdiri dari sayur-sayuran, buah buahan, sisa nasi, ampas kelapa dan kotoran ikan yang tidak dimanfaatkan secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi dari limbah dapur dan pelepah kelapa sawit sebagai pakan bagi maggot black soldier fly (Hermatia illucens).
Penelitian ini dilaksanakan di Farm BSF Basmallah yang berada di Jl Kongsi Kecamatan Patumbak Kabupaten Deli Serdang pada bulan Maret sampai dengan Mei 2021. Penelitian ini menggunakan RAL Faktorial dengan total perlakuan 6 dan dengan 3 ulangan, jumlah percobaaan yaitu 18. Data dianalisa menggunakan sidik ragam, jika berpengaruh nyata maka akan sampai pada Duncan’s Multiple Range Test (DMRT) pada taraf 5%.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pada perlakuan pelepah dibagi 8 sebanyak 600 g ditambah limbah dapur 3500 g memiliki persentase tertinggi dari data yang telah di transformasi pada setiap parameter seperti Massa maggot, Pre pupa, Pupa, Lalat, sedangkan pada parameter sisa pakan memiliki perlakuan tertinggi yaitu pada pelepah dicacah halus sebanyak 600 g ditambah limbah dapur sebanyak 3500 g, sedangkan pada perlakuan pelepah kelapa sawit dibagi 8 sebanyak 600 g, pelepah kelapa sawit dicacah 5 cm sebanyak 600 g dan pelepah kelapa sawit dicacah halus sebanyak 600 g memiliki hasil data yang sudah ditransfomasi dengan hasil yang sama yaitu 1, dan adanya hasil uji korelasi antara maggot maggot dewasa terhadap pre pupa, pupa, lalat dengan nilai korelasi yaitu 1,termasuk kategori korelasi kuat artinya adanya korelasi yang kuat antara maggot dewasa terhadap prepupa, pupa dan lalat, sedangkan nilai korelasi maggot dewasa terhadap sisa pakan dengan korelasi yang bernilai negatif.


Detail Information

Item Type
Bachelor's Thesis
Penulis
M ARI HASIBUAN - Personal Name
Student ID
1701169
Dosen Pembimbing
Sri Murti Tarigan, S.P., M.P - - Dosen Pembimbing 1
Sakiah, S.P.,M.P - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Published
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Institut Teknologi Sawit Indonesia : Medan.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
2021 Mar U
Copyright
Institut Teknologi Sawit Indonesia
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail