SISTEM MANAJEMEN PENGENDALIAN GULMA SECARA KHEMIS PADA TANAMAN KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq) (STUDI KASUS : KEBUN PABATU PT. PERKEBUNAN NUSANTARA IV)

Detail Cantuman

Text

SISTEM MANAJEMEN PENGENDALIAN GULMA SECARA KHEMIS PADA TANAMAN KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq) (STUDI KASUS : KEBUN PABATU PT. PERKEBUNAN NUSANTARA IV)

XML

KIKI SUJAYANTI “SISTEM MANAJEMEN PENGENDALIAN GULMA SECARA KHEMIS PADA TANAMAN KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq) (STUDI KASUS : KEBUN PABATU PT. PERKEBUNAN NUSANTARA IV)” Tugas Akhir Mahasiswa STIPAP Program Studi Budidaya Perkebunan dibimbing oleh Ibu Tuty Ningsih, S.P., M.P. Sebagai Pembimbing I dan Ibu Rina Maharany, S. TP., M.P Sebagai Pembimbing II.
Penelitian tugas akhir ini di lakukan di Kebun Pabatu PT. Perkebunan Nusantara IV Kabupaten Serdang Bedagai Provinsi Sumatera Utara. Penelitian ini berlangsung bulan Februari sampai dengan Maret Tahun 2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami sistem manajemen pengendalian gulma secara khemis pada tanaman kelapa sawit (Elaeis guneensis Jacq) dan mendeskripsikan fenomena-fenomena yang terjadi di Kebun Pabatu PT. Perkebunan Nusantara IV. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan mengumpulkan data primer dari kuesioner melalui wawancara dan mengamati fenomena dilapangan dan pengumpulan data sekunder. Teknik dalam pengambilan penelitian menggunakan metode snowball sampling merupakan karyawan Kebun Pabatu PT. Perkebunan Nusantara IV yang terdiri dari asisten, mandor pemeliharaan , dan tenaga khemis.
Hasil dari penelitian ini dapat diketahui bahwa kurangnya pengawasan mandor pemeliharaan pada kegiatan pengendalian gulma dapat menyebabkan kematian gulma tidak efektif. Sehingga sistem manajemen dalam pengendalian gulma harus ditingkatkan, agar dapat mencapai tujuan yang diinginkan dan tolak ukur berhasilnya pengendalian gulma dilapangan juga dipengaruhi oleh pengetahuan dan keterampilan kerja yang dimiliki oleh tenaga kerja pengendalian gulma. Sistem pengendalian gulma terdiri dari perencanaan (Planning) yaitu dari rencana kerja anggaran perusahaan (RKAP), dan barchart. Organisasi (Organizing) yaitu pembagian tugas-tugas pekerja untuk mempermudah tanggung jawab setiap pekerjaan yang telah diberi. Pelaksanaan (Actuating) yaitu kegiatan yang ada di Kebun Pabatu PT.Perkebunan Nusantara IV meliputi khemis piringan dan pasar pikul, khemis estetika, khemis kayu-kayuan. Pengawasan (Controlling) dilakukan dengan sistem pengauditan yaitu karyawan sendiri (Internal) bagian SPI (Satuan Pengawas Internal) dan Pengauditan eksternal dilakukan oleh RSPO (Roundtable On Sustainable Palm Oil) dan ISPO (Indonesia Sustainable Palm Oil).


Detail Information

Item Type
Bachelor's Thesis
Penulis
KIKI SUJAYANTI - Personal Name
Student ID
1701024
Dosen Pembimbing
Tuty Ningsih, S.P., M.P. - - Dosen Pembimbing 1
Rina Maharany, S. TP., M.P. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Published
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Institut Teknologi Sawit Indonesia : Medan.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
2021 Kik S
Copyright
Institut Teknologi Sawit Indonesia
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail