UJI BIOHERBISIDA EKSTRAK DAUN KETAPANG (Terminalia catappa L.) TERHADAP GULMA TEKI (Cyperus rotundus L.)

Detail Cantuman

Text

UJI BIOHERBISIDA EKSTRAK DAUN KETAPANG (Terminalia catappa L.) TERHADAP GULMA TEKI (Cyperus rotundus L.)

XML

JUN PRIANTO SILALAHI. UJI BIOHERBISIDA EKSTRAK DAUN KETAPANG (Terminalia catappa L.) TERHADAP GULMA TEKI (Cyperus rotundus L.). Tugas Akhir Mahasiswa STIPAP Program Budidaya Perkebunan dibimbing oleh Guntoro, S.P., M.P. dan Ir. Nuraida, M.P.
Teki (C. rotundus) merupakan gulma yang memiliki kemampuan besar dalam menyerap unsur hara dari dalam tanah sehingga dapat tumbuh menyebar dengan cepat. Penelitian ini menggunakan daun ketapang (T. cattapa) sebagai bioherbisida yang memiliki senyawa metabolit sekunder yaitu flavonoid. Flavonoid memiliki peranan terhadap proses penghambatan pertumbuhan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas bioherbisida daun ketapang pada pengendalian gulma teki (C. rotundus).
Penelitian dilakukan di rumah kaca Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Agrobisnis Perkebunan (STIP-AP) kampus Medan Sumatera Utara. Waktu penelitian dimulai dari bulan Februari sampai dengan April 2021. Dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) non Faktorial, dengan perlakuan 5 taraf yaitu K0 tanpa perlakuan, K1 konsentrasi 10%, K2 konsentrasi 15%, K3 konsentrasi 20% dan K4 konsentrasi 25% dengan menggunakan 4 ulangan. Parameter yang diamati adalah tinggi gulma, panjang akar, berat basah dan berat kering gulma.
Hasil penelitian uji potensi bioherbisida ekstrak daun ketapang (T. cattapa) terhadap gulma teki (C. rotundus) dengan kontrol Aquadest berpengaruh nyata pada indikator tinggi gulma dan panjang akar gulma tetapi berpengaruh tidak nyata pada indikator berat basah dan berat kering gulma. Perlakuan dengan konsentrasi 25% (25 ml + 750 ml) merupakan konsentrasi yang memiliki peran terbaik dari indikator pengamatan tinggi gulma dan panjang akar gulma.


Detail Information

Item Type
Bachelor's Thesis
Penulis
JUN PRIANTO SILALAHI - Personal Name
Student ID
1701070
Dosen Pembimbing
Guntoro, S.P., M.P. - - Dosen Pembimbing 1
Ir. Nuraida, M.P. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Published
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Institut Teknologi Sawit Indonesia : Medan.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
2021 Jun U
Copyright
Institut Teknologi Sawit Indonesia
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail