KAJIAN KELAYAKAN USAHA PEMANFAATAN KACANG KEDELAI SEBAGAI TANAMAN SELA DI LAHAN TANAMAN BELUM MENGHASILKAN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PENDAPATAN PETANI KELAPA SAWIT

Detail Cantuman

Text

KAJIAN KELAYAKAN USAHA PEMANFAATAN KACANG KEDELAI SEBAGAI TANAMAN SELA DI LAHAN TANAMAN BELUM MENGHASILKAN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PENDAPATAN PETANI KELAPA SAWIT

XML

Juhal Prayogie. KAJIAN KELAYAKAN USAHA PEMANFAATAN KACANG KEDELAI SEBAGAI TANAMAN SELA DI LAHAN TBM SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PENDAPATAN PETANI KELAPA SAWIT. Tugas Akhir Mahasiswa STIPAP Program Budidaya Perkebunan dibimbing oleh Dina Arfianti Saragih, S.P.,M.sc dan Fadli Akbar Lubis, S.P., MP.

Pemanfaatan lahan di TBM kelapa sawit sangat membantu para petani kelapa sawit untuk mendapatkan sumber pendapatan pada saat kelapa sawit mereka masih TBM. Selain itu tanaman sela ini dapat juga dijadikan tanaman penutup tanah yaitu dapat mencegah terjadinya erosi dan penguapan pada tanah. Penelitian dilaksanakan di kampus STIPAP di kebun percobaan Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Agrobisnis Perkebunan (STIPAP), Medan. Waktu penelitian selama 3 bulan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kajian kelayakan usaha kacang kedelai sebagai tanaman sela di lahan TBM menguntungkan atau tidaknya tanaman kacang kedelai ini. Jika menguntungkan maka dengan ini petani dapat menerima pemasukan dari tanaman sela kedelai ini sebelum tanaman kelapa sawit dapat dipanen.
Hasil dari penelitian yang dilakukan yaitu Produksi tanaman kedelai dilahan TBM kelapa sawit dengan jarak 20 cm x 20 cm pada 2 bedengan dengan ukuran bedengan 4 m x 1 m adalah 10 kg. Total Biaya produksi pada tanaman sela kacang kedelai di TBM kelapa sawit adalah Rp.86.861. Pendapatan pada tanaman kacang kedelai di TBM kelapa sawit adalah Rp.130.000. Keuntungan pada tanaman sela kacang kedelai di TBM kelapa sawit adalah Rp.43.139. Tanaman kacang kedelai (Varietas Grobogan) pada TBM kelapa sawit layak secara finansial dan ekonomi, dengan nilai R/C > 1 maka usaha tani tersebut menguntungkan Break Event Point tanaman sela kedelai di TBM kelapa sawit, BEP produksi 6,68 kg BEP harga Rp.8.686.


Detail Information

Item Type
Bachelor's Thesis
Penulis
JUHAL PRAYOGIE - Personal Name
Student ID
1701255
Dosen Pembimbing
Dina Arfianti Saragih, S.P.,M.sc - - Dosen Pembimbing 1
sc Fadli Akbar Lubis, S.P.,M.P - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Published
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Institut Teknologi Sawit Indonesia : Medan.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
2021 Juh K
Copyright
Institut Teknologi Sawit Indonesia
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail