TANGGAP FUNGSIONAL PREDATOR Eocanthecona furcellata TERHADAP ULAT API Setothosea asigna

Detail Cantuman

Text

TANGGAP FUNGSIONAL PREDATOR Eocanthecona furcellata TERHADAP ULAT API Setothosea asigna

XML

JOHAN HUTAURUK. TANGGAP FUNGSIONAL PREDATOR Eocanthecona furcellata TERHADAP ULAT API Setothosea asigna. Tugas Akhir Mahasiswa STIPAP Program Studi Budidaya Perkebunan dibimbing oleh Nurkhotimah Sinaga, S.E., M.Ak, Megawati Siahaan, S.P., M.P, Hari Priwiratama, M.Sc
Serangan hma merupakan salah satu masalah yang dapat menyebabkan kurangnya hasil di perkebunan kelapa sawit. Setothosea asigna dikenal sebagai ulat yang paling dominan dan menimbulkan kerugian pada pertanaman kelapa sawit baik pada tanaman muda, maupun tua. Pengendalian yang umum dilakukan masyarakat untuk menekan populasi hama ulat pemakan daun yaitu dengan memakai insektisida kimia sintesis. Salah satu alternatif mengurangi penggunaan insektisida adalah dengan pengendalian hayati, menggunakan musuh alami seperti Eochanthecona furcellata dari famili Limacodidae. Maka perlu ditentukan keefektifan predator dalam pengendalian hayati dan memberikan informasi tentang perilaku predator ketika bertemu mangsanya dalam mengendalikan populasi mangsa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanggap fungsional predator E. furcellata terhadap hama ulat api S. asigna. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Entomologi Kelompok Peneliti Pusat Penelitian Kelapa Sawit Marihat, Jln. Pematangsiantar – Tanah Jawa KM.5 Marihat Ulu, Siantar, Simalungun, Sumatera Utara. Waktu penelitian dilaksankan pada Desember 2020. Penelitian ini dilaksanakan dengan meletakkan mangsa S. asigna sebanyak 2, 5, 10, 15, 20, 25 di dalam cawan petri, masing-masing cawan petri dimasukkan 1 ekor predator dengan ulangan 4 kali.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa searching time dan handling time tidak berpengaruh nyata pada setiap kerapatan. Tipe Tanggap fungsional E. furcellata terhadap S. asigna tergolong tipe III atau sigmoid dengan nilai R2 = 0.8111 dengan y = 3.6619ln(x) - 1.4228 Laju pemangsaan E. furcellata menunjukan peningkatan pemangsaan seiring dengan adanya jumlah kerapatan mangsa yang meningkat. Artinya E. furcellata merupakan serangga yang potensial untuk menjadi agen pengendalian hayati dalam pengendalian populasi ulat api S. asigna di perkebunan kelapa sawit.


Detail Information

Item Type
Bachelor's Thesis
Penulis
JOHAN HUTAURUK - Personal Name
Student ID
1701164
Dosen Pembimbing
Nurkhotimah Sinaga, S.E., M.Ak - - Dosen Pembimbing 1
Megawati Siahaan, S.P., M.P - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Published
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Institut Teknologi Sawit Indonesia : Medan.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
2021 Joh T
Copyright
Institut Teknologi Sawit Indonesia
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail