KAJIAN BIAYA PENGENDALIAN HAMA ULAT API (Setothosea asigna) DENGAN METODE FOGGING DI AFDELING IV KEBUN AIR MOLEK II PT. PERKEBUNAN NUSANTARA V

Detail Cantuman

Text

KAJIAN BIAYA PENGENDALIAN HAMA ULAT API (Setothosea asigna) DENGAN METODE FOGGING DI AFDELING IV KEBUN AIR MOLEK II PT. PERKEBUNAN NUSANTARA V

XML

JHON REYANDI PURBA. KAJIAN BIAYA PENGENDALIAN HAMA ULAT API ( SETOTHOSEA ASIGNA ) DENGAN METODE FOGGING DI PERKEBUNAN AIR MOLEK II AFDELING IV PT. PERKEBUNAN NUSANTARA V. Tugas Akhir Mahasiswa STIPAP Program Studi Budidaya Perkebunan dibimbing oleh Dina Arfianti Saragih, SP.,MSc dan Hari Gunawan, SST.,M.Agr.
Hama dan penyakit adalah salah satu faktor penting yang harus di perhatikan dalam pembudidayaan tanaman kelapa sawit. Akibat yang di turunkan sangat besar, seperti penurunan produksi, bahkan kematian tanaman. Hama dan penyakit dapat menyerang tanaman kelapa sawit mulai dari pembibitan hingga tanaman menghasilkan. Ulat pemakan daun kelapa sawit ( UPDKS ) merupakan hama penting karena menyerang dan menghilangkan banyak perdaunan kelapa sawit sehingga menurunkan produksi. Untuk menanggulangi masalah UPDKS perkebunan menggunakan bahan kimia dengan cara fogging.
Penelitian ini dilakukan di afdeling IV Kebun Air Molek II PT. Perkebunan Nusantara V Kabupaten Indragiri Hulu,provinsi Riau. Penelitian ini dilakukan mulai dari bulan Juli sampai Agustus 2019. Penelitian ini menggunakan metode analisa deskriptif dengan mengumpulkan data sekunder dilapangan. Pengamatan terdiri dari data Global telling, Efektif telling, data biaya bahan insektisida, data biaya tenanga pengendalian dan data realisasi pengendalian.
Hasil pengamatan di afdeling IV Kebun Air Molek II PT. Perkebunan Nusantara V dengan luas 673 Ha, dapat disimpulkan bahwa pada tahun 2015 – 2017 yaitu sebesar Rp. 46.018.588 untuk biaya keseluruhan dan Rp. 67.461 untuk biaya perhektar dan uraian pemakaian tenaga yaitu sebesar Rp. 27.362,546 untuk biaya keseluruhan dan Rp. 41.220 untuk biaya perhektar.


Detail Information

Item Type
Bachelor's Thesis
Penulis
JHON REYANDI PURBA - Personal Name
Student ID
1501180
Dosen Pembimbing
Dina Arfianti Saragih,SP.,MSc - - Dosen Pembimbing 1
Hari Gunawan, SST.,M.Agr - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Published
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Institut Teknologi Sawit Indonesia : .,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
2021 Jho K
Copyright
Institut Teknologi Sawit Indonesia
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail