PENGARUH KONSENTRASI SARI BUAH STRAWBERRY (Fragaria x ananassa) TERHADAP MUTU SABUN MANDI CAIR BERBASIS CRUDE PALM OIL (CPO)

Detail Cantuman

Text

PENGARUH KONSENTRASI SARI BUAH STRAWBERRY (Fragaria x ananassa) TERHADAP MUTU SABUN MANDI CAIR BERBASIS CRUDE PALM OIL (CPO)

XML

LAMBOK MARTUA PARDOMUAN SIDABUTAR, Pengaruh Konsentrasi Sari Buah Strawberry Terhadap Mutu Sabun Bair Berbasis Crude Paim Oil (CPO). Tugas Akhir Mahasiswa STIPAP Program Studi Teknologi Pengolahan Hasil Perkebunan dibimbing oleh Siti Aisyah, ST, M.Si dan Zakwan. STP., MP., M.Si.

Minyak sawit digunakan sebagai bahan baku minyak makan, margarin, sabun, kosmetika, industri baja, kawat, radio, kulit dan industri farmasi. Minyak sawit dapat digunakan untuk beragam peruntukannya karena keunggulan sifat yang dimilikinya yaitu tahan oksidasi dengan tekanan tinggi, mampu melarutkan bahan kimia yang tidak larut oleh bahan pelarut lainnya, mempunyai daya melapis yang tinggi dan tidak menimbulkan iritasi pada tubuh dalam bidang kosmetik.
Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Teknologi Pengolahan Hasil Perkebunan (TPHP) STIPAP MEDAN. Waktu penelitian selama 3 bulan, dari bulan februari-juni 2021. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif dengan cara mengamati, merangkum, dan mencatat langsung data yang dihasilkan. Penelitian ini menggunakan variabel bebas yaitu A0 tampa penambahan sari buah strawberry, A1 dengan penambahan sari buah strawbwery 10 ml, A2 dengan penambahan sari buah strawberry 20 ml, A3 dengan penambahan sari buah strawberry 30 ml dan variabel terikat yaitu tinggi busan, kadar air, pH, asam lemak bebas, alkali bebas dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) Non Faktorial dengan 4 taraf perlakuan dan tiga kali pengulangan sehingga terdapat 12 sampel yang dilakukan pengujian. Selanjutnya akan dilakukan analisis regresi linier terhadap data hasil uji dengan hipotesis sebagai berikut H0 : tidak ada pengaruh, dan H1 : ada pengaruh.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa formulasi yang baik pada pembuatan sabun cair berbasis Crude Palm Oil (CPO) dengan penambahan sari buah strawberry, dimana perlakuan penambahan sari buah 30 ml, memiliki busa paling tinggi, yaitu 28 mm, aroma sabun cair yang paling disukai pada skala pengujian adalah sabun cair dengan perlakuan penambahan sari buah strawberry 30 ml.


Detail Information

Item Type
Bachelor's Thesis
Penulis
Student ID
1702060
Dosen Pembimbing
Siti Aisyah, ST., M.Si - - Dosen Pembimbing 1
Zakwan, S.TP., M.P., M.Si - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Published
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Institut Teknologi Sawit Indonesia : Medan.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
2021 Lam P
Copyright
Institut Teknologi Sawit Indonesia
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail