KAJIAN PERBEDAAN METODE APLIKASI KALSIUM KARBIDA 250 mg/L TERHADAP EFISIENSI PEMBRONDOLAN SERTA NILAI DOBI, KAROTEN DAN VITAMIN PADA TANDAN BUAH SEGAR

Detail Cantuman

Text

KAJIAN PERBEDAAN METODE APLIKASI KALSIUM KARBIDA 250 mg/L TERHADAP EFISIENSI PEMBRONDOLAN SERTA NILAI DOBI, KAROTEN DAN VITAMIN PADA TANDAN BUAH SEGAR

XML

JOJOR INDRIANI SAMOSIR KAJIAN PERBEDAAN KALSIUM KARBIDA 250 mg/L TERHADAP KECEPATAN PEMBRONDOLAN SERTA NILAI DOBI, KAROTEN DAN VITAMIN E. Tugas Akhir Mahasiswa STIPAP Program Studi Teknologi Pengolahan Hasil Perkebunan dibimbing oleh Giyanto, STP.,M.P dan Siti Aisyah, ST.,M.T.
Semi Virgin Crude Palm Oil (SVCPO) merupakan produk minyak kelapa sawit yang diolah dari bahan baku TBS kelapa sawit yang diberi perlakuan menggunakan bahan kimia kalsium karbida 250 mg/L. TBS tersebut dilakukan modifikasi proses yaitu memisahkan brondolan sawit dari tandannya melalui perlakuan bahan kimia. Serta diolah dengan alat-alat yang sederhana dan proses yang singkat, dengan perlakuan minimum dan suhu yang rendah. Proses pengolahan CPO yang mempertahankan kualitas mutu yang berpengaruh terhadap kandungan karoten, vitamin E serta nilai DOBI.
Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Agrobisnis Perkebunan (STIP-AP). Waktu penelitian ini dilakukan selama mulai bulan November 2020 sampai dengan Agustus 2021. Penelitian ini menggunakan metode Rancangan Acak Lengkap (RAL), dengan pemberian bahan kimia terhadap bahan baku TBS dengan perlakuan metode spray, injeksi, dan kombinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa SVCPO memiliki karoten berkisar antara 506-1044 Ppm, vitamin E berkisar antara 509-771 Ppm, Dan DOBI berkisar antara 2,47-3,61. Bahan kimia kalsium karbida . Jadi dapat disimpulkan bahwa dalam penelitian ini metode yang paling baik untuk DOBI dan vitamin E adalah metode injeksi.


Detail Information

Item Type
Bachelor's Thesis
Penulis
JOJOR INDRIANI SAMOSIR - Personal Name
Student ID
1702055
Dosen Pembimbing
Zakwan, S.TP., M.P., M.Si - - Dosen Pembimbing 1
Heri Purwanto, STP., M.Sc - - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Published
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Institut Teknologi Sawit Indonesia : Medan.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
2021 Joj K
Copyright
Institut Teknologi Sawit Indonesia
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail