KOMPARASI KADAR NPK PADA ABU BOILER, ABU JAN-JANGAN DAN SOLID SEBAGAI BAHAN BAKU PEMBU-ATAN PUPUK ORGANIK

Detail Cantuman

Text

KOMPARASI KADAR NPK PADA ABU BOILER, ABU JAN-JANGAN DAN SOLID SEBAGAI BAHAN BAKU PEMBU-ATAN PUPUK ORGANIK

XML

JAIS MUDA RITONGA KOMPARASI KADAR NPK PADA ABU BOILER, ABU JANJANGAN, DAN SOLID DECANTER SEBAGAI BAHAN BAKU PEMBUATAN PEMBUATAN PUPUK ORGANIK. Tugas Akhir Mahasiswa STIPAP Program Studi Teknologi Pengolahan Hasil Perkebunan dibimbing oleh Pada Mulia Raja, S.Pd., M.Si dan Zakwan , STP.,MP.,M.Si
Pengolahan kelapa sawit bertujuan untuk menghasilkan CPO dan inti. Hasil pen-golahan ini dapat digunakan pada industri pangan, tekstil (bahan pelumas), kosmetik, farmasi dan biodiesel. Limbah dari pabrik kelapa sawit seperti sabut, cangkang, dan tandan kosong kelapa sawit juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan bakar dan pupuk organik. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk membandingkan kadar NPK dari bahan baku Abu Boiler , Abu Janjangan dan Solid Decanter se-bagai bahan baku untuk pembuatan pupuk organik.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif uji compare mean yaitu dengan membandingkan kadar NPK pada solid decanter , abu janjangan , dan abu boiler sebagai bahan baku pembuatan pupuk organik. Berdasarkan dari penelitian yang di lakukan maka dapat kita simpulkan bahwa nilai Solid decanter mengandung unsur hara nitrogen (N) 3.11% , fosfor (P) 11.37% dan kalium (K) 11.29% , Abu Janjan-gan mengandung unsur hara nitrogen (N) 0.12% , fosfor (P) 4.98% , kalium (K) 25.67% , Abu boiler mengandung unsur hara nitrogen (N) 0.35% , fosfor (P) 11.36% dan kalium (K) 2.84%, hasil perbandingan nya ialah uji compare mean memperoleh nilai mean solid decanter sebesar 8.7144 dan abu janjangan sebesar 10.59477, dengan demikian dapat di katakan bahwa kandungan unsur hara NPK pada abu janjangan lebih tinggi dari pada solid decanter.


Detail Information

Item Type
Bachelor's Thesis
Penulis
JAIS MUDA RITONGA - Personal Name
Student ID
1702013
Dosen Pembimbing
Pada Mulia Raja, S.Pd., M.Si. - - Dosen Pembimbing 1
Zakwan, S.TP., M.P., M.Si - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Published
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Institut Teknologi Sawit Indonesia : Medan.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
2021 Jai K
Copyright
Institut Teknologi Sawit Indonesia
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail