PENGARUH KONSENTRASI ADSORBSI KARBON AKTIF CANGKANG BIJI KARET TERHADAP MUTU SABUN BERBASIS MINYAK JELANTAH

Detail Cantuman

Text

PENGARUH KONSENTRASI ADSORBSI KARBON AKTIF CANGKANG BIJI KARET TERHADAP MUTU SABUN BERBASIS MINYAK JELANTAH

XML

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh konsentrasi adsorbsi karbon aktif cangkang biji karet terhadap penurunan asam lemak bebas pada minyak jelantah dan Mengetahui pengaruh konsentrasi adsorbsi karbon aktif cangkang biji karet terhadap mutu sabun pada minyak jelantah.
Pada penelitian ini minyak jelantah dioalah dengan mengunakan proses sederhana yaitu dengan proses adsorbsi menggunakan adsorben karbon aktif cangkang biji karet untuk memperbaiki mutu minyak yang rusak. Dengan diolah proses variasi waktu perendaman adsorben.
Asam lemak bebas berhubungan dengan bau sabun. Apabila melebihi standar menyebabkan sabun berbau tengik dan menghambat proses pembersihan permukaan kulit oleh sabun. Sabun yang baik menurut SNI adalah sabun dengan kadar asam lemak
<2,5%. Pada penelitian ini dilakukan percobaan kadar NaOH dengan cara menimbang ± 4 gr sampel dan menambahkan larutan alkohol sebanyak ± 50 ml dan memanaskan sampai semua sample larut.
Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah bilangan penyabunan pada penelitian ini nilai terendah yaitu sebanyak 72,5888 % dan yang tertinggi 102,3774%, nilai sesuai standart SNI sebanyak 192,2%. Uji Busa didapat berkisar 0,9 ml – 1,0 ml, semakin tinggi kadar caustic soda (NaOH) maka semakin tinggi nilai busa didapat. Semakin tinggi kadar Natrium Hidroksida (NaOH) makan semakin keras pula sabun padat yang dihasilkan. Hasil sabun yang diperoleh berbentuk keras dan busa yang tertinggi.


Detail Information

Item Type
Bachelor's Thesis
Penulis
SANUARTO SIHOTANG - Personal Name
Student ID
1602026
Dosen Pembimbing
Pada Mulia Raja,S.Pd., M.Si. - - Dosen Pembimbing 1
Zakwan, STP., M.P., M.Si. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Published
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Institut Teknologi Sawit Indonesia : Institut Teknologi Sawit Indon.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
2020 SAN P
Copyright
Institut Teknologi Sawit Indonesia
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail