ANALISA RENDEMEN CPO, KADAR AIR DAN KADAR KOTORAN PADA REBUSAN VERTIKAL LABORATORIUM PENGOLAHAN KELAPA SAWIT STIP-AP

Detail Cantuman

Text

ANALISA RENDEMEN CPO, KADAR AIR DAN KADAR KOTORAN PADA REBUSAN VERTIKAL LABORATORIUM PENGOLAHAN KELAPA SAWIT STIP-AP

XML

FAHRI AZHAR. ANALISA RENDEMEN (CPO), KADAR AIR DAN KADAR KOTORAN PADA REBUSAN VERTIKAL LABORATORIUM PENGOLAHAN KELAPA SAWIT STIP-AP MEDAN. Tugas Akhir Mahasiwa STIP-AP Program Studi Teknologi Pengolahan Hasil Perkebunan dibimbing oleh Ir. Zulyaden Lubis, MM dan Pada Mulia Raja, S.Pd,. M.Si

kelapa sawit adalah komoditi terpenting ditinjau dari manfaat atau kegunaannya serta dilihat dari depisa yang dihasilkan oleh negara juga pendapatan yang diperoleh oleh petani dan pengusaha. Buah kelapa sawit menghasilkan dua jenis minyak, Minyak yang berasal dari buah (mesokarp) berwarna merah, dikenal sebagai minyak sawit kasar atau Crude Palm Oil (CPO).

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rendemen CPO, kadar air dan kadar kotoran,yang baik untuk standar LABORATORIUM STIP-AP. Waktu penelitian ini juli 2021 sampai agustus 2021 pengambilan sampel dan pengujian sampel dilakukan di LABORATORIUM PENGOLAHAN KELAPA SAWIT STIP-AP dan menganalisa sampel dilakukan di LABORATORIUM TPHP STIP-AP. Penelitian ini menggunakan metode RAL (Rancangan Acak Lengkap) dengan variasi rebusan 100 menit, 120 menit dan 130 menit. Jenis pengamatan yang dilakukan adalah menganalisa rendemen CPO, kadar air dan kadar kotoran.

Hasil Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil terbaik pada rendemen CPO nilai rata-rata 2,67% pada waktu perebusan 100 menit sedangkan kadar air terendah yaitu 2,16% pada waktu perebusan 130 menit dan kadar kotoran yang dihasilkan paling rendah yaitu 1,28% pada waktu rebusan 130 menit.


Detail Information

Item Type
Bachelor's Thesis
Penulis
FAHRI AZHAR - Personal Name
Student ID
1702011
Dosen Pembimbing
Ir. Zulyaden Lubis, MM - - Dosen Pembimbing 1
Pada Mulia Raja, S.Pd., M.Si. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Published
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Institut Teknologi Sawit Indonesia : Medan.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
2021 Fah A
Copyright
Institut Teknologi Sawit Indonesia
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail