UJI POTENSI BATANG KELAPA SAWIT DAN LIMBAH DAPUR SEBAGAI MEDIA PERBANYAKAN MAGGOT BLACK SOLDIER FLY (Hermatia illucens)

Detail Cantuman

Text

UJI POTENSI BATANG KELAPA SAWIT DAN LIMBAH DAPUR SEBAGAI MEDIA PERBANYAKAN MAGGOT BLACK SOLDIER FLY (Hermatia illucens)

XML

UJI POTENSI BATANG KELAPA SAWIT DAN LIMBAH DAPUR SEBAGAI MEDIA PERBANYAKAN MAGGOT BLACK SOLDIER FLY (Hermatia illucens). Tugas Akhir Mahasiswa STIPAP Program Studi Budidaya Perkebunan dibimbing oleh Saroha Manurung, SST.,MP dan Febriana Roosmawati, S.E., M.Sc.
Uji potensi batang kelapa sawit dan limbah dapur sebagai media perbanyakan maggot black soldier fly (Hermatia illucens) bertujuan untuk mengetahui potensi dari batang kelapa sawit dan limbah dapur terhadap maggot bsf. Batang kelapa sawit merupakan salah satu limbah kelapa sawit yang sangat minim akan pemanfaatannya dan limbah dapur merupakan limbah hasil dari buah buahan, sayur sayuran, ampas kelapa yang tidak dimanfaatkan secara maksimal.
Penelitian ini dilaksanakan di Farm BSF basmallah yang berada di Jl. Kongsi Kecamatan Patumbak Kabupaten Deli Serdang pada bulan Maret sampai dengan Mei 2021. Penelitian ini menggunakan RAL Faktorial dengan total perlakuan 6 dan dengan 3 ulangan, jumlah percobaan yaitu 18.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perbanyakan maggot pada fase maggot dewasa, pre pupa, pupa dan lalat dengan menggunakan media batang kelapa sawit dan limbah dapur berpotensi dalam perbanyakan maggot dan perlakuan batang kelapa sawit utuh 1000 g ditambah limbah dapur 3000 g merupakan perlakuan yang paling efektif di setiap parameter Seperti maggot dewasa, pre pupa, pupa dan lalat Sedangkan perlakuan yang menunjukkan berbeda nyata adalah perlakuan B1L1, B2L1, B3L1. Korelasi antar maggot dewasa terhadap pre pupa, pupa dan lalat memiliki nilai yaitu 1 dengan kategori korelasi kuat, artinya adanya korelasi yang kuat antar maggot dewasa terhadap prepupa, pupa, dan lalat sedangkan korelasi maggot dewasa terhadap sisa pakan memiliki nilai yang negatif, artinya jika maggot dewasa mengalami kenaikan maka akan diikuti penurunan terhadap sisa pakan dan sebaliknya jika maggot dewasa mengalami penurunan maka akan diikuti kenaikkan terhadap sisa pakan


Detail Information

Item Type
Bachelor's Thesis
Penulis
INDRA BAYU ANANDA SINAGA - Personal Name
Student ID
1701162
Dosen Pembimbing
Saroha Manurung, S.ST., M.P - - Dosen Pembimbing 1
Febriana Roosmawati, S.E., M.Sc - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Published
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Institut Teknologi Sawit Indonesia : Medan.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
2021 Ind U
Copyright
Institut Teknologi Sawit Indonesia
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail