SUBSTITUSI LEMAK CACAO DENGAN MENGGUNAKAN LEMAK INTI KELAPA SAWIT SEBAGAI PRODUK COKELAT PUTIH

Detail Cantuman

Text

SUBSTITUSI LEMAK CACAO DENGAN MENGGUNAKAN LEMAK INTI KELAPA SAWIT SEBAGAI PRODUK COKELAT PUTIH

XML

DANIEL ALEXANDER DAMANIK, “ SUBSTITUSI LEMAK CACAO DENGAN MENGGUNAKAN MINYAK INTI KELAPA SAWIT SEBAGAI PRODUK COKLAT PUTIH’’ Tugas Akir Mahasiswa STIPAP Program Studi Teknologi Pengolahan Hasil Perkebunan dibimbing oleh Ir. Busrizal, MT dan Siti Aisyah, ST., M.Si.
Cacao merupakan bahan baku primer dalam industri pengolahan kakaoyang menghasilkan produk coklat dengan produk lainnya yang disukai para konsumen didunia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik mutu cokelat putih yang berupa kadar air dan kadar lemak pada cokelat putih, mensubstitusi lemak cacao dan lemak inti sawit sebagi produk cokelat putih. Tempat dan waktu penelitian LAB STIPAP Medan LAB Biokimia/ Kimia Bahan Makanan USU, Waktu penelitian dilakukan bulan Maret-Juni 2021. Penelitian ini menggunakan metode kuantatif RAL non factorialdan dua variable :variable bebas dan terikat, dengan 3 taraf perlakuan dan dua kali pengulangan. Dilakukan analisis degresi linier data hasil ujidengan hipotesis H0. Hasil daripada penelitian ini dimana kadar air diperlakuan A1 memiliki hasil rata-rata 1,57%, perlakuan A2 1,19%, dan perlakuan A3 1,54%. Sedangkan kadar lemak cokelat putih hasil rata-rata A1 78,84%, A2 81,18%, A3 70,68%.
Kadar air cokelat putih dari 3 varian yang berbeda memiliki hasil rata-rata yang sama, baegitu juga dengan kadar lemaknya cokelat putih. Karakterisasi produk cokelat putih sudah termasuk kedalam SNI. Pensubstitusian lemak cacao dan lemak inti sawit sebagai produk cokelat putih yang kami lakukan ini sudah dikatakan berhasil, karena sudah memenuhi standarnisasi SNI.


Detail Information

Item Type
Bachelor's Thesis
Penulis
DANIEL ALEXANDER DAMANIK - Personal Name
Student ID
1702040
Dosen Pembimbing
Ir. Busrizal Faisal, MT - - Dosen Pembimbing 1
Siti Aisyah, ST., M.Si - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Published
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Institut Teknologi Sawit Indonesia : Medan.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
2021 Dan S
Copyright
Institut Teknologi Sawit Indonesia
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail