PEMBUATAN PUPUK ORGANIK CAIR DARI LIMBAH BUAH, SAYUR DAN LIMBAH TANDAN KOSONG KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq)

Detail Cantuman

Text

PEMBUATAN PUPUK ORGANIK CAIR DARI LIMBAH BUAH, SAYUR DAN LIMBAH TANDAN KOSONG KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq)

XML

IKE PRANSISKA, PEMBUATAN PUPUK ORGANIK CAIR DARI LIMBAH SAYUR DAN BUAH DENGAN PENAMBAHAN LIMBAH TANDAN KOSONG KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq). Tugas Akhir Mahasiswa STIPAP Program Studi Budidaya Perkebunan dibimbing oleh Tuty Ningsih, S.P., M.P. dan Habib Prayitno, S.Psi., M.Psi.
Semakin meningkatnya limbah buah, sayur dan Tanda Kosong Kelapa Sawit (TKKS) berpotensi tinggi untuk dimanfaatkan sebagai sumber bahan baku dalam pembuatan Pupuk Organik Cair (POC). Maka dari itu POC dijadikan sebagai media yang baik dalam mengurai jumlah limbah yang terdapat dilingkungan serta untuk meningkatkan kesuburan tanah. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Pengolahan Pemanfaatan Sampah (SP2S) Dusun III, Desa Selemak, kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deli Serdang. Di laksanakan pada bulan juni sampai bulan juli 2021. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) Non Faktorial dengan 3 perlakuan dan 3 ulangan. Pengujian parameter dengan analysis of variance (ANOVA) dan dilakukan uji lanjut DMRT (Duncan Multiple Range Test) dengan taraf 5%.
Pupuk Organik Cair (POC) hasil penelitian menunjukan bahwa Pupuk Organik Cair (POC) limbah sayur dan buah yang memiliki kadar hara Nitrogen (N) sebesar 0,10%, Phospor (P) sebesar 0,13% dan Kalium (K) sebesar 0,41%. Pupuk Organik Cair (POC) TKKS yang memiliki kadar hara Nitrogen (N) sebesar 0,04%, Phospor (P) sebesar 0,05% dan Kalium (K) sebesar 0,16%. Pupuk Organik Cair (POC) dengan kadar hara tertinggi terletak pada limbah sayur dan buah yang memiliki kadar Nitrogen (N) sebesar 0,10%, Phospor (P) sebesar 0,13% dan Kalium (K) sebesar 0,41%. Diantar kadar hara N,P dan K yang berpengaruh nyata ada pada kadar hara Nitrogen (N) pada perlakuan P3 sebesar 0.07%. Diantara perlakuan P1, P2 dan P3 kadar hara yang cukup tinggi ada pada perlakuan P3 dengan kadar hara Nitrogen (N) sebesar 0.10%, Fosfor (P) sebesar 0.10% dan Kalium (K) 0.33%, tetapi belum memenuhi standar mutu kualitas pupuk organik cair.


Detail Information

Item Type
Bachelor's Thesis
Penulis
IKE PRANSISKA - Personal Name
Student ID
1701064
Dosen Pembimbing
Tuty Ningsih, S.P., M.P - - Dosen Pembimbing 1
Habib Prayitno, S.Psi., M.Psi - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Published
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Institut Teknologi Sawit Indonesia : Medan.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
2021 Ike P
Copyright
Institut Teknologi Sawit Indonesia
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail