EFEKTIVITAS PENGGUNAAN FRUIT TRAP BERBAHAN NANAS DAN BERBAGAI WARNA LAMPU SEBAGAI PERANGKAP KUMBANG TANDUK (Oryctes rhinoceros) PADA TBM KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq.)

Detail Cantuman

Text

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN FRUIT TRAP BERBAHAN NANAS DAN BERBAGAI WARNA LAMPU SEBAGAI PERANGKAP KUMBANG TANDUK (Oryctes rhinoceros) PADA TBM KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq.)

XML

HIKMAH SEJATI. EFEKTIVITAS PENGGUNAAN FRUIT TRAP BERBAHAN NANAS DAN BERBAGAI WARNA LAMPU SEBAGAI PERANGKAP KUMBANG TANDUK (Oryctes rhinoceros) PADA TBM KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq.). Tugas Akhir Mahasiswa STIPAP Program Studi Budidaya Perkebunan dibimbing oleh Sulthon Parinduri, S.P.,M.Si dan Tuty Ningsih, S.P.,M.P
Perkebunan kelapa sawit sering mengalami kerusakan akibat serangan hama terutama hama kumbang tanduk (Oryctes rhinoceros) kerusakan yang ditimbulkan dapat berpotensi mengalami kerugian baik secara langsung maupun tidak langsung.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dan intensitas hasil tangkapan kumbang tanduk yang diperoleh dengan mengkombinasikan perangkap fruit trap dengan berbagai warna lampu pada areal Tanaman Belum Menghasilkan (TBM) lampu yang digunakan yaitu lampu emergency 18 watt. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Rancangan Acak Kelompok (RAK) Non Faktorial dengan lima taraf perlakuan yaitu : P0 (lampu putih + nanas), P1 (lampu kuning + nanas), P2 (lampu biru + nanas), P3 (lampu hijau + nanas), P4 (lampu merah + nanas) dengan empat ulangan sehingga diperoleh 20 sampel perlakuan. Parameter yang diamati adalah jumlah kumbang (O. rhinoceros) yang terperangkap. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa P1 berbeda nyata dengan perlakuan P2, P3 dan P4 tetapi tidak berbeda nyata dengan perlakuan P0, secara umum perlakuan P1 merupakan perlakuan paling efektif dengan perolehan kumbang tanduk yang terperangkap sebanyak 146 ekor. Hal ini karena lampu warna kuning memiliki panjang spectrum warna 560-590 nm yang paling pas dengan panjang spectrum warna yang dapat diterima serangga yaitu 300-650 nm. Selain itu lampu warna kuning lebih berbaur dan memberikan pantulan cahaya lebih dominan dikegelapan


Detail Information

Item Type
Bachelor's Thesis
Penulis
HIKMAH SEJATI - Personal Name
Student ID
1701106
Dosen Pembimbing
Sulthon Parinduri, S.P.,M.Si - - Dosen Pembimbing 1
Tuty Ningsih, S.P.,M.P - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Published
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Institut Teknologi Sawit Indonesia : Medan.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
2021 Hik E
Copyright
Institut Teknologi Sawit Indonesia
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail