PENGARUH KOMPOSISI LIMBAH PABRIK KELAPA SAWIT (ABU INCENERATOR DAN SOLID KOLAM) TERHADAP KADAR N, P, K UNTUK PEMBUATAN PUPUK ORGANIK

Detail Cantuman

Text

PENGARUH KOMPOSISI LIMBAH PABRIK KELAPA SAWIT (ABU INCENERATOR DAN SOLID KOLAM) TERHADAP KADAR N, P, K UNTUK PEMBUATAN PUPUK ORGANIK

XML

ABDI PRASTYO, PENGARUH KOMPOSISI LIMBAH PABRIK KELAPA SAWIT (ABU INCENERATOR DAN SOLID KOLAM) TERHADAP KADAR N,P,K UNTUK PEMBUATAN PUPUK ORGANIK. Tugas Akhir Mahasiswa STIPAP Program Studi Teknologi Pengolahan Hasil Perkebunan di bimbing oleh Pada Mulia Raja, S.Pd., M.Si dan Zakwan , STP.,MP.,M.Si.

Pupuk organik merupakan pupuk yang berasal dari tumbuhan mati, kotoran hewan dan/atau bagian hewan dan/atau limbah organik lainnya yang telah melalui proses rekayasa, berbentuk padat atau cair, dapat diperkaya dengan bahan mineral, dan/atau mikroba yang bermanfaat untuk meningkatkan kandungan hara dan bahan organik tanah serta memperbaiki sifat fisik, kimia, dan biologi tanah.

Penelitian ini dilaksanakan di areal kawasan STIPAP Medan dan dilakukan pengujuian di laboratorium Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) – Medan. Waktu Penelitian selama 4 bulan, dari bulan April – Juli 2021. Penelitian ini dilakukan dengan metode Rancangan Acak Lengkap (RAL) non faktorial dengan perlakuan komposisi, yaitu Sample 1 (P1), Sample 2 (P2), dan Sample 3 (P3). Masing-masing sample menggunakan 3 unit pengulangan. Jenis Pengamatan yang dilakukan adalah pengujian kadar unsur hara N (nitrogen), P (phosphate), K (Kalium). Data yang di peroleh di analisis dengan analisis sidik ragam, dan jika perlakuan memberikan perlakuan berbeda nyata atau sangat nyata maka dilakukan uji lanjut dengan uji Duncan.

Hasil Penelitian menunjukkan bahwa komposisi perlakuan tidak berpengaruh nyata terhadap nilai P, sedangkan pada kadar N, K, komposisi perlakuan berpengaruh nyata. Harapan kedepannya semoga penelitian ini dapat di lanjutkan dengan menambahkan bahan organik yang kaya akan kadar N agar nilai N dapat terpenuhi sesuai standarisasi pupuk organik yang di inginkan.

kandungan unsur hara yang terdapat pada pupuk organik komposisi abu Incenerator dengan solid kolam untuk kadar N masih belum memenuhi syarat sedangkan untuk kadar P2O5 dan K2O sudah memenuhi syarat yang mana untuk nilai kandungan N, P, K minimum 2 %.


Detail Information

Item Type
Bachelor's Thesis
Penulis
ABDI PRASTYO - Personal Name
Student ID
1702001
Dosen Pembimbing
Pada Mulia Raja,S.Pd., M.Si. - - Dosen Pembimbing 1
Zakwan, STP.,MP.,M.Si - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Published
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Institut Teknologi Sawit Indonesia : Medan.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
2021 Abd P
Copyright
Institut Teknologi Sawit Indonesia
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail