PEMANFAATAN NIRA KELAPA SAWIT SEBAGAI BAHAN BAKU UTAMA DALAM PEMBUATAN SIRUP

Detail Cantuman

Text

PEMANFAATAN NIRA KELAPA SAWIT SEBAGAI BAHAN BAKU UTAMA DALAM PEMBUATAN SIRUP

XML

ALFAIDZY FAUZI, 1702077. PEMANFAATAN NIRA KELAPA SAWIT SEBAGAI BAHAN BAKU UTAMA DALAM
PEMBUATAN SIRUP. Tugas akhir mahasiswa STIPAP Medan Program Studi Teknologi Pengolahan Hasil Perkebunan dibimbing oleh Pada Mulia Raja, S.Pd., M.Si. selaku dosen pembimbing 1 (satu) dan Bapak Muhammad Syukri, S.T., M.T. selaku dosen pembimbing 2 (dua).

Kelapa sawit (Elaeis guineensis Jacq.) termasuk salah satu tanaman perkebunan yang memiliki nilai ekonomi sangat tinggi. Batang kelapa sawit yang tidak produktif dapat menghasilkan nira untuk dibuat menjadi gula. Namun permasalahan yang ada hingga saat ini adalah pengembangan potensi nira kelapa sawit di Indonesia masih sangat minim, hal ini ditunjukkan dengan minimnya teknologi pengolahan dari nira kelapa sawit. Di Indonesia saat ini pengolahan nira kelapa sawit sudah dilakukan oleh masyarakat ataupun petani kelapa kelapa sawit namun hanya menjadi olahan gula merah. Oleh sebab itu dalam penelitian ini peneliti ingin membuat sirup dengan bahan baku nira kelapa sawit.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh waktu pemanasan terhadap mutu sirup yang dihasilkan dengan berbahan baku nira kelapa sawit dan untuk mengetahui karakteristik dari sirup nira kelapa sawit. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif Rancangan Acak Lengkap (RAL) non faktorial, dengan 3 taraf perlakuan waktu pemanasan (W1=55 menit, W2=65 menit dan W3=75 menit) dan dilakukan dengan 6 kali pengulangan. Sirup yang dihasilkan selanjutnya diuji karakteristiknya (kekentalan, kadar air, total padatan terlarut (brix) dan organoleptik (aroma, rasa, warna). Data yang dihasilkan dianalisa dengan menggunakan metode analisis ragam ANOVA (Analysis of Variant) dan Uji Duncan. Berdasarkan dari hasil penelitian ini didapatkan hasil yang terbaik, yaitu dengan perlakuan W3, dengan lama waktu pemanasan selama 75 menit. Pada hasil uji fisik-kimia perlakuan W3 memiliki tingkat kekentalan (viskositas) 94,294 cP ; kadar air 24,75 % ; total padatan terlarut (brix) 73,99%. ; organoleptik rasa (normal), aroma (normal) dan warna (normal).


Detail Information

Item Type
Bachelor's Thesis
Penulis
ALFAIDZY FAUZI - Personal Name
Student ID
1702077
Dosen Pembimbing
Pada Mulia Raja,S.Pd., M.Si. - - Dosen Pembimbing 1
Muhammad Syukri, S.T., M.T. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Published
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Institut Teknologi Sawit Indonesia : Medan.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
2021 Alf P
Copyright
Institut Teknologi Sawit Indonesia
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail