PENGARUH PUPUK ORGANIK CAIR LARVA Hermetia illucens TERHADAP KADAR N.P.K DAUN BIBIT KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq.) DxP DI MAIN NURSERY SOCFINDO

Detail Cantuman

Text

PENGARUH PUPUK ORGANIK CAIR LARVA Hermetia illucens TERHADAP KADAR N.P.K DAUN BIBIT KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq.) DxP DI MAIN NURSERY SOCFINDO

XML

HENDRO 2021. PENGARUH PUPUK ORGANIK CAIR LARVA Hermetia illucens TERHADAP KADAR N.P.K DAUN BIBIT KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq.) DxP SOCFINDO Tugas Akhir Mahasiswa STIPAP Program Studi Budidaya Perkebunan di bimbing oleh Ibu Ir. Mardiana Wahyuni, M.P sebagai dosen pembimbing I dan Dr. Ir.Ahmad Saleh,M.Sc sebagai dosen pembimbing II.
Pembibitan merupakan hal yang penting dan juga tahap yang berperan besar dalam perkembangan industri hulu ke hilir dalam perkebunan kelapa sawit. Pemakaian bibit yang memiliki kualitas dan bagus menjadi faktor penentu yang mempengaruhi produktivitas tanaman perkebunan kelapa sawit. Bibit merupakan suatu hasil dari proses pengadaan tanaman yang mempengaruhi pencapaian produksi dan usaha perkebunan yang berkelanjutan.
Penelitian ini dilaksanakan di kebun percobaan STIPAP Medan. Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari – Juli 2021. Penelitian ini menggunakan metode Rancangan Acak Kelompok (RAK) non faktorial terdiri dari 4 perlakuan dengan 6 ulangan, sehingga total sampel keseluruhan 24 bibit. Parameter yang diamati adalah tinggi bibit, diameter batang, jumlah daun, berat basah akar berat kering akar, berat basah tajuk, berat kering tajuk dan kadar hara N.P.K pada daun Pengujian parameter disusun pada daftar sidik ragam dan Duncan’s Multiple Range Test (DMRT) pada taraf 5%.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Respon pemberian POC (Pupuk Organik Cair) hasil Larva H.illucens pada bibit kelapa sawit (Elaeis guineensis Jacq.) mendapatkan data yang beragam, pada perlakuan L3 dengan dosis 60 ml/polybag/2 minggu menunjukkan nilai tertinggi pada semua parameter pengamatan dan pada perlakuan L1 dengan dosis 20 ml/polybag/2 minggu menunjukkan nilai terendah pada semua parameter pengamatan.


Detail Information

Item Type
Bachelor's Thesis
Penulis
HENDRO - Personal Name
Student ID
1701020
Dosen Pembimbing
Ir. Mardiana Wahyuni, M.P - - Dosen Pembimbing 1
Dr. Ir. Ahmad Saleh, M.Sc - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Published
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Institut Teknologi Sawit Indonesia : Medan.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
2021 Hen P
Copyright
Institut Teknologi Sawit Indonesia
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail