UJI KETAHANAN GENETIK KLON KARET SERI IRR TERHADAP PENYAKIT GUGUR DAUN Pestalotiopsis sp. DI LABORATORIUM

Detail Cantuman

Text

UJI KETAHANAN GENETIK KLON KARET SERI IRR TERHADAP PENYAKIT GUGUR DAUN Pestalotiopsis sp. DI LABORATORIUM

XML

GUIDO ANSELMUS SIANTURI. UJI KETAHANAN GENETIK KLON KARET SERI IRR TERHADAP PENYAKIT GUGUR DAUN Pestalotiopsis sp. DI LABORATORIUM. Tugas Akhir Mahasiswa STIPAP Program Studi Budidaya Perkebunan dibimbing oleh Eka Bobby Febrianto, S.P.,M.Si dan Sayurandi, S.P.,M.Si

Penyakit Gugur Daun Karet Pestalotiopsis sp. yang sering menyerang ini disebabkan oleh jamur Pestalotiopsis sp. Tanaman karet yang terkena Penyakit Gugur Daun Karet tersebut mengalami kerusakan pada daun, yang kemudian rontok secara bersamaan. Jika tidak ditangani, pohon meranggas dan bisa menyebabkan kematian.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketahanan genetik klon karet seri IRR terhadap penyakit gugur daun Pestalotiopsis sp. di Laboratorium. Penelitian dilakukan di Laboratorim Proteksi Tanaman Balai Penelitian Sungei Putih Kecamatan Galang, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara.
Penelitian ini menggunakan sebanyak tujuh klon karet seri IRR dan klon pembanding PB 260. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan acak lengkap non faktorial dengan tiga ulangan. Klon – klon yang diuji terdiri dari klon IRR 5, IRR 104, IRR 111, IRR 112, IRR 118, IRR 119, IRR 220 dan PB 260 sebagai klon pembanding.
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan ketahanan klon yang diuji terhadap patogen Pestalotiopsis sp. adalah IRR 220 yang tergolong moderat rentan dan klon IRR 5, IRR 104, IRR 111, IRR 112, IRR 118, IRR 119, IRR 220 dan PB 260 termasuk golongan rentan


Detail Information

Item Type
Bachelor's Thesis
Penulis
GUIDO ANSELMUS SIANTURI - Personal Name
Student ID
1701157
Dosen Pembimbing
Eka Bobby Febrianto, S.P.,M.Si - - Dosen Pembimbing 1
Sayurandi, S.P.,M.Si - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Published
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Institut Teknologi Sawit Indonesia : Medan.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
2021 Gui U
Copyright
Institut Teknologi Sawit Indonesia
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail