UJI EFEKTIVITAS TERMISIDA NABATI BIJI JARAK PAGAR (Jatropha curcas) PADA BERBAGAI DOSIS TERHADAP MORTALITAS HAMA RAYAP (Macrotermes gilvus Hagen)

Detail Cantuman

Text

UJI EFEKTIVITAS TERMISIDA NABATI BIJI JARAK PAGAR (Jatropha curcas) PADA BERBAGAI DOSIS TERHADAP MORTALITAS HAMA RAYAP (Macrotermes gilvus Hagen)

XML

FRANSISKUS SIMANJUNTAK, UJI EFEKTIVITAS TERMISIDA NABATI BIJI JARAK PAGAR (Jatropha curcas) PADA BERBAGAI DOSIS TERHADAP MORTALITAS HAMA RAYAP (Macrotermes gilvus Hagen) Tugas Akhir Mahasiswa STIPAP Program Studi Budidaya Perkebunan dibimbing oleh Saroha Manurung, S.S.T., M.P. dan Megawati Siahaan, S.P., M.P.
Rayap merupakan salah satu hama utama yang menyerang kelapa sawit dan sangat merugikan di areal peremajaan tanaman (replanting) dan pembukaan lahan perkebunan baru khususnya di areal lahan basah (gambut). Rayap Macrotermes gilvus Hagen adalah hewan tanah yang peranannya besar dalam proses dekomposisi material organik tanah.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dosis yang efektif dari biji jarak pagar (Jatropha curcas) terhadap tingkat mortalitas rayap (Macrotermes gilvus Hagen).
Penelitian tugas akhir ini dilaksanakan pada bulan Juni sampai bulan Juli 2021 di Desa Pinang Damai, Kecamatan Torgamba, Kabupaten Labuhan Batu Selatan, Provinsi Sumatera Utara. Penelitian disusun dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL) Non Faktorial dengan perlakuan dosis termisida nabati biji jarak pagar yang terdiri dari 5 taraf (T) yaitu T0 sebagai kontrol, T1 dengan dosis 20 ml, T2 dengan dosis 25 ml, T3 dengan dosis 30 ml, dan T4 dengan dosis 35 ml, setiap perlakuan di ulang sebanyak 4 kali.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perlakuan termisida nabati biji jarak pagar dengan dosis 35 ml efektif terhadap mortalitas rayap sebesar 100% pada 5 hari setelah aplikasi. Peningkatan dosis termisida nabati biji jarak pagar meningkatkan mortalitas hama rayap.


Detail Information

Item Type
Bachelor's Thesis
Penulis
FRANSISKUS SIMANJUNTAK - Personal Name
Student ID
1701155
Dosen Pembimbing
Saroha Manurung, S.S.T., M.P. - - Dosen Pembimbing 1
Megawati Siahaan, S.P., M.P. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Published
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Institut Teknologi Sawit Indonesia : Medan.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
2021 Fra U
Copyright
Institut Teknologi Sawit Indonesia
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail