PENGARUH PEMBERIAN PUPUK KASCING DAN LIMBAH CAIR TAHU TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq) DI Pre Nursery

Detail Cantuman

Text

PENGARUH PEMBERIAN PUPUK KASCING DAN LIMBAH CAIR TAHU TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq) DI Pre Nursery

XML

Fahny Andrean Sipayung. 2021 ”Pengaruh Pemberian Pupuk Kascing Dan Limbah Cair Tahu Terhadap Pertumbuhan Bibit Kelapa Sawit (Elaeis guineensis Jacq) Di Pre Nursery. Dilaksanakan Dibawah Bimbingan Bapak Guntoro S.P.,M.P, sebagai Pembimbing I dan Bapak Hardy Wijaya S.P., Sebagai Pembimbing II.
Kelapa Swit (Elaeis guineensis Jacq) merupakan komoditas perkebunan unggulan dan utama di indonesia. Pembibitan merupakan serangkaian kegiatan untuk memperoleh bibit sawit yang baik untuk pertanaman. Upaya yang dapat dilakukan untuk menekan penggunaan pupuk kimia yaitu dengan menggunakan pupuk organik seperti pupuk bekas kotoran cacing ( kascing) dan limbah cair tahu. Tujuan khusus Penelitian ini adalah Untuk mengetahui Pengarruh Pemberian Pupuk Kascing dan Limbah Cair Tahu Terhadap Pertumbuhan Bibit Kelapa Sawit (Elaeis guineensis Jacq) di Pre Nursery.
Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari sampai dengan Mei 2021 di Lahan Kebun Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Agrobisnis Perkebunan (STIPAP). Penelitian tugas akhir ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) yang terdiri dari 2 Faktorial. Faktor I yaitu Pupuk Kascing, dengan 4 Taraf yaitu K0 (Kontrol), K1(100g), K2(200g), K3(300g). Faktor 2 yaitu Limbah Cair Tahu T0(Kontrol), T1(100ml), T2(200ml), T3(300ml).
Terdapat 16 kombinasi perlakuan yang diulang 3 kali menghasilkan 48 satuan percobaan. Data hasil pengamatan dianalisis dengan menggunakan analisis of varians (ANOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertumbuhan bibit kelapa sawit terhadap pemberian pupuk kascing dan limbah cair tahu yang di aplikasikan pada bibit kelapa sawit belum memberikan respon nyata pada semua parameter.


Detail Information

Item Type
Bachelor's Thesis
Penulis
FAHNY ANDREAN SIPAYUNG - Personal Name
Student ID
1701150
Dosen Pembimbing
Guntoro, S.P.,M.P - - Dosen Pembimbing 1
Hardy Wijaya, S.P - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Published
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Institut Teknologi Sawit Indonesia : Medan.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
2021 Fah P
Copyright
Institut Teknologi Sawit Indonesia
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail