EFEKTIVITAS EKSTRAK DAUN TEMBAKAU (Nicotiana tabacum) SEBAGAI INSEKTISIDA NABATI TERHADAP MORTALITAS ULAT KANTONG (Metisa plana) DI PEMBIBITAN KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq)

Detail Cantuman

Text

EFEKTIVITAS EKSTRAK DAUN TEMBAKAU (Nicotiana tabacum) SEBAGAI INSEKTISIDA NABATI TERHADAP MORTALITAS ULAT KANTONG (Metisa plana) DI PEMBIBITAN KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq)

XML

DIPPO DANIEL SIBURIAN, 2021. EFEKTIVITAS EKSTRAK DAUN TEMBAKAU (Nicotiana tabacum) SEBAGAI INSEKTISIDA NABATI TERHADAP MORTALITAS ULAT KANTONG (Metisa plana) DI PEMBIBITAN KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq). Tugas Akhir Mahasiswa STIP-AP Program Studi Budidaya Perkebunan dibimbing oleh Zulham Effendi, S.T., M.Sc.Eng. Sebagai Pembimbing I dan Hardy Wijaya, S.P. Sebagai Pembimbing II.

Ulat kantong (Metisa plana) diketahui merusak tanaman kelapa sawit dengan memakan daun tanaman untuk perkembangan tubuhnya dan untuk pembentukan kantongnya. Pengendalian yang paling cocok dilakukan adalah pengendalian menggunakan insektisida nabati. Ekstrak daun tembakau (Nicotiana tabacum) sangat efektif untuk insektisida nabati karena dapat menekan perkembangan hama ulat kantong (Metisa plana).

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas insektisida nabati dari ekstrak daun tembakau (Nicotiana tabacum) pada beberapa konsentrasi terhadap mortalitas hama ulat kantong (Metisa plana). Metode yang digunakan yaitu Rancangan Acak Kelompok (RAK) Non Faktorial dengan 4 taraf perlakuan, yaitu T0 (Kontrol), T1(5%), T2(10%), T3(15%), dan perlakuan sebanyak 4 ulangan. Parameter yang diamati yaitu mortalitas ulat kantong (Metisa plana). Penelitian dilakukan di areal STIP-AP Medan. Waktu penelitian dimulai pada bulan April sampai Juli 2021.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun tembakau (Nicotiana tabacum) dengan konsentrasi 15% merupakan dosis yang efektif dalam mengendalikan hama ulat kantong (Metisa plana) dan memberikan pengaruh yang nyata dengan mortalitas 100% pada 6 Hari Setelah Aplikasi (HSA).


Detail Information

Item Type
Bachelor's Thesis
Penulis
DIPPO DANIEL SIBURIAN - Personal Name
Student ID
1701015
Dosen Pembimbing
Zulham Effendi, S.T., M.Sc.Eng - - Dosen Pembimbing 1
Hardy Wijaya, S.P. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Published
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Institut Teknologi Sawit Indonesia : Medan.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
2021 Dip E
Copyright
Institut Teknologi Sawit Indonesia
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail