EFEKTIVITAS INSKTISIDA NABATI EKSTRAK BIJI JARAK (Jatropha curcas L.) TERHADAP MORTALITAS HAMA ULAT API (Setothosea asigna) DI PEMBIBITAN KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq.)

Detail Cantuman

Text

EFEKTIVITAS INSKTISIDA NABATI EKSTRAK BIJI JARAK (Jatropha curcas L.) TERHADAP MORTALITAS HAMA ULAT API (Setothosea asigna) DI PEMBIBITAN KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq.)

XML

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsentrasi ekstrak biji jarak (Jatropha curcas L.) terhadap mortalitas hama ulat api (Setothosea asigna) pada tanaman kelapa sawit (Elaeis guineensis Jacq.) Phorbolester dan cursin yang bersifat sangat toksik dalam mematikan sel hidup. Senyawa phorbolester dapat menghambat enzim protein kinase yang berperan dalam pertumbuhan sel dan jaringan. Sedangkan senyawa cursin dapat menghambat penyerapan nutrient dan mengurangi nitrogen endogenous sel.
Penelitian ini dilaksanakan di kebun Praktek Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Agrobisnis Perkebunan (STIPAP) Medan. Waktu penelitian selama Februari sampai dengan Juni 2020. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok non factorial dengan perlakuan ekstrak biji jarak dengan menggunakan 4 taraf terdiri dari E0: 0%, E1: 2%, E2: 2,5%, dan E3: 3%. Pengujian parameter disusun pada tabel sidik ragam dan dilakukan uji DMRT (Duncan’s Multiple Range Test) pada taraf 5%.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ekstrak biji jarak dengan konsentrasi 3%, merupakan konsentrasi ekstrak biji jarak yang efektif untuk mengendalikan ulat api Setothosea asigna, karena mampu menyebabkan mortalitas ulat api sebesar 100% pada hari ke dua setelah aplikasi.


Detail Information

Item Type
Bachelor's Thesis
Penulis
PRAYOGO PANGESTU - Personal Name
Student ID
1601075
Dosen Pembimbing
Sulthon Parinduri - - Dosen Pembimbing 1
Hardy Wijaya - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Published
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Institut Teknologi Sawit Indonesia : Institut Teknologi Sawit Indon.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
2020 PRA E
Copyright
Institut Teknologi Sawit Indonesia
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail