KAJIAN PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq.) DxP SOCFINDO DENGAN APLIKASI PUPUK ORGANIK CAIR HASIL DEKOMPOSISI LARVA Hermetia illucens.

Detail Cantuman

Text

KAJIAN PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq.) DxP SOCFINDO DENGAN APLIKASI PUPUK ORGANIK CAIR HASIL DEKOMPOSISI LARVA Hermetia illucens.

XML

BELLA OKTRIANI SARAGIH 2021. KAJIAN PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq.) DxP SOCFINDO DENGAN APLIKASI PUPUK ORGANIK CAIR HASIL DEKOMPOSISI LARVA Hermetia illucens. Tugas Akhir Mahasiswa STIPAP Program Studi Budidaya Perkebunan di bimbing oleh Ibu Ir. Mardiana Wahyuni, M.P sebagai dosen pembimbing I dan Ibu Dr. Mariani Sembiring, S.P., M.P sebagai dosen pembimbing II.

Pembibitan merupakan hal yang penting dan juga tahap yang berperan besar dalam perkembangan industri hulu ke hilir dalam perkebunan kelapa sawit. Pemakaian bibit yang memiliki kualitas dan bagus menjadi faktor penentu yang mempengaruhi produktivitas tanaman perkebunan kelapa sawit. Bibit merupakan suatu hasil dari proses pengadaan tanaman yang mempengaruhi pencapaian produksi dan usaha perkebunan yang berkelanjutan.

Penelitian ini dilaksanakan di areal penelitian Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Agrobisnis Perkebunan (STIPAP) kampus LPP Agro Nusantara Medan. Waktu penelitian dimulai pada bulan Februari sampai Juli 2021. Metode yang digunakan yaitu Rancangan Acak Kelompok Non Faktorial yaitu Pupuk Organik Cair hasil dekomposisi larva Hermetia illucens.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa respon pemberian POC (Pupuk Organik Cair) hasil dekomposisi larva Hermetia illucens pada bibit kelapa sawit (Elaeis guineensis Jacq.) mendapatkan data yang beragam, pada perlakuan L3 dengan dosis 60 ml/polybag/2 minggu menunjukkan nilai tertinggi pada semua parameter pengamatan dan pada perlakuan L1 dengan dosis 20 ml/polybag/2 minggu menunjukkan nilai terendah pada semua parameter pengamatan.


Detail Information

Item Type
Bachelor's Thesis
Penulis
BELLA OKTRIANI SARAGIH - Personal Name
Student ID
1701233
Dosen Pembimbing
Ir. Mardiana Wahyuni, M.P. - - Dosen Pembimbing 1
Dr. Mariani Sembiring, S.P., M.P - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Published
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Institut Teknologi Sawit Indonesia : Medan.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
2021 Bel K
Copyright
Institut Teknologi Sawit Indonesia
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail