Text
KAJIAN PENGANGKUTAN TANDAN BUAH SEGAR KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq) DI DIVISI IV KEBUN SERBANGAN PT. BAKRIE SUMATERA PLANTATIONS Tbk
XMLPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pengangkutan Tandan Buah Segar (TBS) Kelapa Sawit. Penelitian ini dilakukan di Divisi IV Kebun Serbangan PT. Bakrie Sumatera Plantations Tbk yang berlokasi di Kabupaten Asahan, Sumatera Utara. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juli sampai Agustus 2020. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif. Pengamatan yang dilakukan meliputi informasi kebun Serbangan, variabel penelitian antara lama waktu memuat Tandan Buah Segar (TBS) kedalam truk ditempat pengumpulan hasil (TPH), waktu perpindahan truk antar TPH. waktu mengangkut tandan buah segar dari tempat pengumpulan hasil ke pabrik kelapa sawit (PKS), waktu tunggu di penimbangan, waktu membongkar Tandan Buah Segar di loading ramp, panjang jarak yang dilalui oleh setiap 1 trip pengangkutan dan kecepatan rata-rata truk mengangkut TBS dari lapangan ke PKS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Waktu rata-rata proses muat untuk minggu ke-1 yaitu 2,03 menit, minggu ke-2 yaitu 1,75, minggu ke-3 yaitu 1,78, minggu ke-4 yaitu 1,75 menit. Untuk satu bulan rata-rata proses memuat yaitu 1,83 menit. (2). Waktu rata-rata proses perpindahan antar TPH untuk minggu ke-1 yaitu 0,29 menit, minggu ke-2 yaitu 0,21 menit, untuk minggu ke-3 yaitu 0,25 menit, minggu ke-4 yaitu 0,25 menit. Untuk satu bulan rata-rata perpindahan antar TPH yaitu 0,24 menit. (3). Waktu rata-rata waktu tempuh dari lapangan ke PKS yaitu 37,75 menit. (4). Waktu rata-rata tunggu di penimbangan yaitu 10,90 menit. (5) Waktu rata-rata bongkar TBS ke loading ramp yaitu 16,85 menit. (6) Waktu rata-rata satu trip angkutan yaitu 101,71 menit. (7). Kecepatan rata-rata truk angkutan dari lapangan ke PKS adalah 14,30 km/jam.
Berdasarkan SPC untuk nilai Cp untuk waktu proses memuat dalam minggu ke-1 sampai minggu ke-4 dikatakan efektif dengan nilai Cp > 1, Untuk waktu berpindah dalam minggu ke-1,3 dan minggu 1-4 dan Untuk waktu berpindah dalam minggu ke-2 dan 4 dikatakan efektif dengan nilai Cp > 1, sehingga dikatakan capable. Untuk waktu mengangkut dapat dikatakan kurang efektif dengan nilai Cp < 1 sehingga dikatakan tidak capable. Untuk waktu tunggu dipenimbangan dapat dikatakan kurang efektif dengan nilai Cp < 1 sehingga dikatakan tidak capable. Untuk waktu pembongkaran dapat dikatakan kurang efektif dengan nilai Cp < 1 sehingga dikatakan tidak capable. Untuk waktu pengangkutan 1 trip dapat dikatakan kurang efektif dengan nilai Cp < 1 sehingga dikatakan tidak capable, dan untuk kecepatan rata-rata dengan nilai Cp < 1 sehingga dikatakan tidak capable.
Detail Information
Item Type |
Bachelor's Thesis
|
---|---|
Penulis |
DODI A. BUTAR-BUTAR - Personal Name
|
Student ID |
1601061
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI | |
Edisi |
Published
|
Departement | |
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Institut Teknologi Sawit Indonesia : Institut Teknologi Sawit Indon., 2020 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
2020 DOD K
|
Copyright |
Institut Teknologi Sawit Indonesia
|
Doi |