ANALISA PRODUKSI KARET ( Hevea brasiliensis) KLON PB 260 DAN PB 340 DI DIVISI II AFDELING D DAN G P.T BRIDGESTONE SUMATERA RUBBER ESTATE

Detail Cantuman

Text

ANALISA PRODUKSI KARET ( Hevea brasiliensis) KLON PB 260 DAN PB 340 DI DIVISI II AFDELING D DAN G P.T BRIDGESTONE SUMATERA RUBBER ESTATE

XML

Tanaman Karet merupakan salah satu komoditi hasil perkebunan yang mempunyai peran cukup penting dalam kegiatan perekonomian di Indonesia.Penggunaan Klon unggul merupakan salah satu komponen teknologi terpenting yang secara langsung berperan penting dalam meningkatkan potensi produksi lateks yang tinggi. Penggunaan bibit Karet unggul penting untuk meningkatkan produktivitas karet, dengan tersedianya Klon Karet unggul maka akan diperoleh areal tanaman karet yang mampu menghasilkan produktivitas dan kualitas hasil produksi yang optimal.
Penelitian ini dilaksanakan di Divisi II Afdeling D dan G, Kebun Dolok Merangir, P.T Bridgestone Sumatera Rubber Estate. Waktu penelitian dilakukan selama 20 hari pada tanggal 20 April – 12 Mei 2020. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode analisa deskriptif yaitu dengan data yang sudah diperjelaskan dengan kata-kata yang sistematis sehingga penelitian dapat diterangkan secara objektif, yang dilakukan dengan mengumpulkan data dan menganalisis, meyusun, mengklarifikasikan, menginterpersentasikan, mengolah data sehingga diperoleh gambaran yang akan diteliti.Dengan pengumpulan data sekunder Klon PB 260 dan Klon PB 340 Tahun tanam 2006.
Hasil penelitian di Kebun Dolok Merangir, Divisi II, Afdeling D dan G, P.T Bridgestone Sumatera Rubeer Estate. Menunjukan bahwa rata-rata produksi Klon PB 340 tahun 2017-2019 menghasilkan 1.734 kg/karetkering/ha/tahun dan Klon PB 260 tahun 2017-2019 menghasilkan 1.905 kg/karetkering/ha/tahun. Dari hasil pengamatan KKK ( Kadar Karet Kering ) untuk 5 kali pengamatan yang dilakukan dari tanggal 20 April – 12 Mei 2020, yaitu rata-rata KKK untuk Klon PB 260 sebesar 28.08%/pohon dan untuk rata-rata KKK Klon PB 340 sebesar 32.80%/pohon.


Detail Information

Item Type
Bachelor's Thesis
Penulis
DEWA MAULANA SITUMEANG - Personal Name
Student ID
1601060
Dosen Pembimbing
Wagino - - Dosen Pembimbing 1
Sri Murti Tarigan - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Published
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Institut Teknologi Sawit Indonesia : Institut Teknologi Sawit Indon.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
2020 DEW A
Copyright
Institut Teknologi Sawit Indonesia
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail