HUBUNGAN INTENSITAS CAHAYA, KELEMBABAN DAN SUHU PADA TM 1 KELAPA SAWIT DI DATARAN TINGGI

Detail Cantuman

Text

HUBUNGAN INTENSITAS CAHAYA, KELEMBABAN DAN SUHU PADA TM 1 KELAPA SAWIT DI DATARAN TINGGI

XML

Lolosan intensitas cahaya ialah jumlah cahaya yang lolos melalui sela-sela pelepah tanaman terhadap cahaya kontrol pada keadaan langit cerah di jam yang sama. Radiasi sinar matahari mempengaruhi kelembaban udara dan suhu pada tajuk tanaman kelapa sawit.
Tanaman kelapa sawit memerlukan intesitas cahaya yang tinggi untuk berfotosintesis, kecuali saat kondisi tanaman masih juvenile di pre-nursery. Sinar matahari diperlukan untuk memproduksi karbohidrat dan memacu pembentukan bunga dan buah. Untuk itu intesitas, kualitas, dan lama penyinaran amat berpengaruh.
Penelitian dilaksanakan pada areal Tanaman Menghasilkan 1 Kebun PPKS Marihat di Afdeling IX Kebun Bah Jambi Kecamatan Tanah Jawa, Kabupaten Simalungun. Ketinggian tempat penelitian 461 – 549 m dpl terletak pada longitude: 2°55'18.8"U – 99°05'25.0"T dan latitude: 2°55'22.5"U - 99°05'22.1"T. Jenis tanah pada areal yang di teliti didominasi ordo inseptisol dan subgroup tanah typic dystropept dengan sistem pola tanam segitiga (straight line) dengan jarak tanam 9,21 m x 7.57 m sehingga diperoleh 143 pokok per hektar.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penyinaran cahaya matahari sangat mempengaruhi tingkat intensitas cahaya matahari, kelembaban dan suhu pada pelepah kelapa sawit. Semakin banyak penyinaran cahaya matahari terhadap pelepah maka intensitas cahaya dan suhu cenderung meningkat. Pada saat bersamaan maka kelembaban akan cenderung menurun.


Detail Information

Item Type
Bachelor's Thesis
Penulis
Student ID
1601047
Dosen Pembimbing
Arief Setiawan Sutanto - - Dosen Pembimbing 1
Aries Sukariawan - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Published
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Institut Teknologi Sawit Indonesia : Institut Teknologi Sawit Indon.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
2020 AHM H
Copyright
Institut Teknologi Sawit Indonesia
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail