EFEKTIFITAS EKSTRAK SERAI WANGI (Cymbopogon nardus) SEBAGAI INSEKTISIDA NABATI TERHADAP MORTALITAS HAMA ULAT API (Setothosea asigna) PADA TANAMAN KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq)

Detail Cantuman

Text

EFEKTIFITAS EKSTRAK SERAI WANGI (Cymbopogon nardus) SEBAGAI INSEKTISIDA NABATI TERHADAP MORTALITAS HAMA ULAT API (Setothosea asigna) PADA TANAMAN KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq)

XML

Hama pada tanaman kelapa sawit merupakan masalah penting di perkebunan kelapa sawit. Salah satu jenis
yang menggangu tanaman kelapa sawit adalah hama ulat api (Setothosea asigna). Dengan membuat insektisida alami yang dilakukan dengan peroses insektisida nabati, terhadap ulat api (Setothosea asigna) sehingga dapat menekan perkembangan hama ulat api (Setothosea asigna) Penelitian ini dilakukan di Lahan areal percobaan Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Agrobisnis Perkebuinan (STIPAP) Medan , Waktu penelitian dimulai pada bulan mei-juli 2020. Penelitian ini bertujuan untuk menghetahui efektifitas konsentrasi terbaik serai wangi (Cymbopogon nardus), terhadap mortalitas hama ulat api (Setothosea asigna). Metode yang digunakan yaitu RAK Rancangan Acak Kelompok dengan 4 ulangan. Perlakuan konsentrasi serai wangi dengan 5 taraf yaitu S1 (10%), S2 (20%), S3 (30%), S4 (40%), S5(50%). Pengamatan (1HSA) menunjukkan bahwa taraf perlakuan S5 berbeda nyata dengan S0, S1, S2, S3 dan S4 sedangkan S3 dan S4 tidak berbeda nyata, akan tetapi S3 dan S4 berbeda nyata dengan S0, S1, S2 dan S5. Taraf S1 dan S2 tidak berbeda nyata, akan tetapi berbeda nyata dengan S0, S3, S4 dan S5. S0 sebagai kontrol berbeda nyata dengan taraf S1, S2, S3, S4 dan S5. Dari hasil uji beda rataan pada 3HSA dapat dilihat bahwa perlakuan aplikasi insektisida nabati ekstrak serai wangi (Cymbopogon nardus) memberikan pengaruh yang sangat nyata terhadap mortalitas ulat api


Detail Information

Item Type
Bachelor's Thesis
Penulis
RICKY RADATIUS GINTING - Personal Name
Student ID
1601036
Dosen Pembimbing
Guntoro - - Dosen Pembimbing 1
Megawati Siahaan - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Published
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Institut Teknologi Sawit Indonesia : Institut Teknologi Sawit Indon.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
2020 RIC E
Copyright
Institut Teknologi Sawit Indonesia
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail