PENGARUH APLIKASI BIOCHAR PELEPAH KELAPA SAWIT DAN ZEOLIT TERHADAP PERTUMBUHAN DAN KADAR HARA DAUN BIBIT KELAPA SAWIT

Detail Cantuman

Text

PENGARUH APLIKASI BIOCHAR PELEPAH KELAPA SAWIT DAN ZEOLIT TERHADAP PERTUMBUHAN DAN KADAR HARA DAUN BIBIT KELAPA SAWIT

XML

Dalam pengembangan kelapa sawit, bibit merupakan produk dari suatu proses pengadaan tanaman yang berpengaruh terhadap pencapaian hasil produksi. Biochar merupakan bahan padat kaya karbon hasil konversi dari limbah organik (biomassa pertanian) melalui pembakaran tidak sempurna atau suplai oksigen terbatas (phrolysis). Zeolit sebagai bahan pembenah tanah, juga dapat mengembalikan kesuburan tanah, meningkatkan daya jerap tanah terhadap pupuk dan dapat menyimpan air lebih di dalam tanah. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh aplikasi biochar pelepah kelapa sawit dan zeolit terhadap pertumbuhan dan kadar hara daun bibit kelapa sawit.
Penelitian ini dilaksanakan di kebun percobaan STIPAP Medan. Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari - Juni 2020. Penelitian ini menggunakan metode Rancangan Acak Kelompok (RAK) 2 Faktorial terdiri dari 9 perlakuan dengan 4 ulangan, sehingga total sampel keseluruhan 36 bibit. Parameter yang diamati adalah tinggi bibit, lingkar batang, jumlah daun, jumlah kadar klorofil daun, jumlah akar primer, berat kering tajuk, berat kering akar dan kadar hara N, P, K, kapasitas tukar kation (KTK). Data yang diperoleh dianalisis secara statistik dengan analisis of varience (ANOVA) dengan uji lanjut F.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi biochar pelepah pelapa sawit kelapa sawit dan zeolit memberikan beberapa pengaruh nyata dan sangat nyata terutama pada perlakuan B2 (1,2 kg biochar) dan Z1 (0,6 kg zeolit) memberikan pengaruh nyata dan sangat nyata pada tinggi bibit, lingkar batang, jumlah daun, jumlah akar primer, berat kering akar. Interaksi biochar pelepah kelapa sawit dan zeolit tidak memberikan pengaruh nyata. Unsur hara N, P, dan K perlakuan tunggal yang berpengaruh nyata adalah unsur hara K dengan kenaikan indeks 23%. Kadar kapasitas tukar kation (KTK) perlakuan tunggal yang berpengaruh nyata adalah biochar dengan kenaikan indeks 44%.


Detail Information

Item Type
Bachelor's Thesis
Penulis
Student ID
1601030
Dosen Pembimbing
Ir. Mardiana Wahyuni, M.P. - - Dosen Pembimbing 1
Ingrid Ovie Yosephine, S.P., M.Sc - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Published
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Institut Teknologi Sawit Indonesia : Institut Teknologi Sawit Indon.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
2020 POS P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail