ANALISA BULK DENSITY, POROSITAS DAN TEKSTUR TANAH BERGAMBUT PADA BEBERAPA JARAK DARI TITIK TANAM PADA TANAMAN MENGHASILKAN(TM) KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq) DI PERKEBUNAN RAKYAT

Detail Cantuman

Text

ANALISA BULK DENSITY, POROSITAS DAN TEKSTUR TANAH BERGAMBUT PADA BEBERAPA JARAK DARI TITIK TANAM PADA TANAMAN MENGHASILKAN(TM) KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq) DI PERKEBUNAN RAKYAT

XML

Produktivitas lahan bergambut sangat tergantung dari pengelolaan dan tindakan manusia. Pengelolaan lahan gambut perlu hati-hati agar tidak terjadi perubahan karakteristik yang menyebabkan penurunan produktivitas lahan, apalagi menjadi tidak produktif. Salah satu pertimbangan yang harus diperhatikan dalam pemanfaatan lahan gambut adalah tingkat ketebalan gambut tersebut. Sifat kimia dan fisika tanah gambut merupakan sifat-sifat tanah gambut yang penting diperhatikan dalam pengelolaan lahan gambut.
Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Tanah Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Agrobisnis Perkebunan dan Laboratorium Tanah Universitas Sumatera Utara. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juni - Agustus 2020. Penelitian dilakukan dengan menggunakan Rancangan Ancak Kelompok (RAK) non faktorial.
Berdasarkan hasil pengamatan dan perhitungan terhadap nilai bulk density, porositas tanah dan tekstur tanah diperoleh hasil bahwa, Nilai rataan bulk density pada kedalaman 0 – 15 cm tertinggi pada jarak 0 m dan menurun pada jarak 0,5 – 2 m sedangkan pada kedalaman 16 – 30 cm nilai bulk density meningkat sejalan dengan jarak dari tanaman. Nilai porositas tanah menurun pada itik pengamatan yang semakin jauh dari titik dan pada lapisan 16-30 cm dibandingkan 0-15 cm.. Tekstur tanah pada seluruh titik pengamatan adalah pasir berlempung.


Detail Information

Item Type
Bachelor's Thesis
Penulis
NURIANTO ADI SAPUTRA - Personal Name
Student ID
1601029
Dosen Pembimbing
Mardiana Wahyuni - - Dosen Pembimbing 1
Aulia Juanda Djs - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Published
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Institut Teknologi Sawit Indonesia : Institut Teknologi Sawit Indon.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
2020
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail