ANALISA PERBEDAAN INTENSITAS CAHAYA MATAHARI, KELEMBABAN DAN SUHU TANAMAN KELAPA SAWIT TM I DATARAN TINGGI DI DUA BLOK BERBEDA KEBUN PEMULIAAN PPKS MARIHAT

Detail Cantuman

Text

ANALISA PERBEDAAN INTENSITAS CAHAYA MATAHARI, KELEMBABAN DAN SUHU TANAMAN KELAPA SAWIT TM I DATARAN TINGGI DI DUA BLOK BERBEDA KEBUN PEMULIAAN PPKS MARIHAT

XML

Tujuan penelitian ini, untuk mengetahui perbedaan intesitas cahaya, suhu dan kelembaban pada setiap sudut-sudut pelepah tertentu dari pagi hingga sore hari di dua blok berbeda.
Penelitian tugas akhir ini dilaksanakan di Areal kebun Pemuliaan Pusat Penelitian Kelapa Sawit Unit Usaha Marihat, Pematang Siantar, Provinsi Sumatera Utara, tepatnya pada 02˚55’18,8’’ Lintang Utara dan 99˚05’25,0’’ Bujur Timur dengan ketinggian 461 meter di atas permukaan laut. Berlangsung pada tanggal 29 Juni – 13 Juli 2020.
Rancangan penelitian menggunakan metode analisa deskriptif dan uji T hitung yaitu dengan megumpulkan data intensitas cahaya, kelembaban dan suhu udara pada blok yang berbeda dan membandingkan dengan uji T-test untuk mengetahui perbedaannya.
Pengukuran intensitas cahaya matahari di dataran tinggi tanaman kelapa sawit dengan jam dan sudut tajuk pelepah yang sama pada blok A dan B dapat diukur intensitas cahaya pada 1 blok saja.
Pengukuran kelembaban pada satu hamparan lahan datar dalam waktu tertentu dapat mengambil 1 sampel blok saja. kecuali, pengukuran kelembaban di jam 07.00 s/d 08.00 WIB pada sudut 0° dan 180° dan jam 09.00 s/d 10.00 WIB pada sudut 330° perlu dilakukan pengukuran dengan 2 blok.
Pengukuran suhu pada satu hamparan lahan datar dalam waktu tertentu dapat mengambil 1 sampel blok saja. kecuali, pengukuran suhu di jam 15.00 s/d 16.00 WIB pada sudut 0°, 90° 120°, 180° dan 210° perlu dilakukan pengukuran dengan 2 blok.


Detail Information

Item Type
Bachelor's Thesis
Penulis
MUHAMMAD IBRAHIM HARAHAP - Personal Name
Student ID
1601028
Dosen Pembimbing
Arief Setiawan Sutanto - - Dosen Pembimbing 1
Eka Bobby Febrianto - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Published
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Institut Teknologi Sawit Indonesia : Institut Teknologi Sawit Indon.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
2020
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail