KADAR BAHAN ORGANIK LAHAN PERKEBUNAN KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq) FASE TANAMAN BELUM MENGHASILKAN DAN TANAMAN MENGHASILKAN PADA TANAH ULTISOL

Detail Cantuman

Text

KADAR BAHAN ORGANIK LAHAN PERKEBUNAN KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq) FASE TANAMAN BELUM MENGHASILKAN DAN TANAMAN MENGHASILKAN PADA TANAH ULTISOL

XML

Kelapa sawit (Elaeis guineensis Jacq) merupakan tanaman industri penghasil minyak masak, minyak industri, dan bahan bakar (biodiesel). Selain itu, kelapa sawit merupakan salah satu tanaman yang memiliki produktivitas tinggi dan menghasilkan keuntungan besar sehingga banyak hutan dan perkebunan yang sudah terbengkalai dikonversi menjadi perkebunan kelapa sawit.

Bahan organik tanah adalah semua bahan organik dalam tanah termasuk humus, biomassa mikroba, dan sisa-sisa flaura dan fauna tanah pada berbagai tahap dekomposisi.
Tanah yang termasuk ordo Ultisol merupakan tanah-tanah yang terjadi penimbunan liat di horison bawah, bersifat masam, kejenuhan basa pada kedalaman 180 cm dari permukaan tanah kurang dari 35%. Padanan dengan sistem klasifikasi lama adalah termasuk tanah Podzolik Merah Kuning, Latosol, dan Hidromorf Kelabu.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sifat kimia tanah sub grup tanah Ultisol di Perkebunan Kelapa Sawit Daerah Tinjowan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan sampel yang digunakan sebanyak 4 sampel dengan kedalaman 0-15cm dan 16-30cm dengan 3 kali pengulangan, sehingga sampel didapatkan sebanyak 12 sampel tanah. Penelitian ini menggunakan tanaman pada fase Tanaman Belum Menghasilkan (TBM) Tahun Tanam. 2018 dan Tanaman Menghasilkan Tahun Tanam 2009. Parameter yang dianalisis yaitu pH, C-Organik, N-Total Tanah dan C/N tanah.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kadar C-Organik terbesar terdapat pada TBM sebesar 4,12% dan 1,89%, kadar N-Total terbesar terdapat pada TBM sebesar 0,35% dan 0,20%, dan rasio C/N terbesar terdapat pada TBM sebesar 11,68 dan 9,45.


Detail Information

Item Type
Bachelor's Thesis
Penulis
INDRA SANDI SIMARMATA - Personal Name
Student ID
1601024
Dosen Pembimbing
Mardiana Wahyuni - - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Published
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Institut Teknologi Sawit Indonesia : Institut Teknologi Sawit Indon.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
2020
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail